Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Akan Ada Efek Domino Jika Bhre Nekat Maju Pilkada Solo

Selasa, 09 Juli 2024 – 16:46 WIB
Pakar: Akan Ada Efek Domino Jika Bhre Nekat Maju Pilkada Solo - JPNN.COM
Ilustrasi Pilkada. Foto: Ricardo

jpnn.com, SOLO - Mangkunegara X Bhre Tjakhrautomo sebaiknya tidak terburu-buru memutuskan maju pada Pilkada Solo 2024.

Pasalnya, langkah itu berpotensi memicu efek domino yang berimbas ke Pura Mangkunegaran.

"Pada akhirnya kekisruhan internal akan sangat mungkin terjadi ketika masuknya politik eksternal ke dalam lingkungan keraton," kata Sosiolog Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) Rezza Akbar, Selasa (9/7).

Kekisruhan yang akan terjadi lanjut Rezza Akbar tidak terlepas dari pengaruh penguasa yakni Presiden Jokowi dan klan politiknya.

Menurutnya, Jokowi disinyalir memiliki hubungan baik dengan keluarga Pura Mangkunegaran dengan berbagai kegiatan-kegiatan event kelas internasional hingga resepsi Kaesang Pangarep-Erina Gudono pada 2022 lalu di istana kadipaten Mangkunegaran. 

Pengaruh itu, dinilai Reza, bisa berdampak negatif kepada Gusti Bhre.

"Mangkunegaran sadar betul apabila Gusti Bhre maju dalam Pilwakot sebagai konstentan yang membawa bendera Pak Jokowi dan klan politiknya, kemungkinan akan jadi. Tapi di sisi lain Jika ada hal yang terjadi dialamatkan ke Pak Jokowi dan klan politiknya, Gusti Bhre akan kecipratan getah-getah pahit, karena publik menilai naiknya Gusti Bhre ini semua karena kehendak Pak Jokowi dan klan politiknya, itu yang akan ditakutkan keluarga Mangkunegaran," terang dia. 

Maka dari itu, Rezza meminta Bhre harus menyadari dan menimbang resiko-resiko yang mungkin muncul di kemudian hari sebagai dampak dari keputusannya. 

Sosiolog Universitas Sebelas Maret Solo (UNS) Rezza Akbar peringatan Mangkunegara X Bhre Tjakhrautomo jika nekat maju di Pilkada Solo 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close