Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Laju Elektabilitas Anies-Muhaimin di Jatim Tidak Terbendung

Senin, 18 September 2023 – 16:23 WIB
Pakar: Laju Elektabilitas Anies-Muhaimin di Jatim Tidak Terbendung - JPNN.COM
Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Kunto Adi Wibowo memprediksi tren peningkatan elektabilitas Anies Baswedan di Jawa Timur akan terus terjaga hingga hari pemilihan Pemilu 2024. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, BANDUNG - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Kunto Adi Wibowo memprediksi tren peningkatan elektabilitas Anies Baswedan di Jawa Timur akan terus terjaga hingga hari pemilihan Pemilu 2024.

Lonjakan positif sudah terlihat sejak deklarasi pasangan Anies-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Hal ini, lanjutnya, diafirmasi hasil survei PRC yang menunjukkan penambahan jumlah pemilih hingga lebih dari 4% hanya dalam waktu 7 hari.

"Ini karena masih baru, jadi belum semua warga di Jatim mengetahui atau mendengar ini. Misalnya ada beberapa basis NU yang tidak terlalu memperhatikan dinamika politik. Oleh sebab itu, tren ini pasti akan berlanjut terhadap peningkatan elektabilitas pasangan Anies-Cak Imin," jelas Kunto, Senin (18/9/2023).

Berdasarkan hasil survei Politika Research & Consulting (PRC) yang dilakukan pada 8-12 September 2023, elektabilitas Anies Baswedan naik sekitar 4,3%, dari 14,0% pada April 2023 meningkat menjadi 18,3% pada September 2023.

Selain itu, sekitar 33,7% pemilih di Jatim menyatakan masih mungkin berubah pilihannya terhadap bakal capres.

Tak hanya elektabilitas, hasil survei PRC juga menunjukkan bahwa popularitas Anies Baswedan di Jatim naik dari 80,4% pada April 2023 menjadi 82,0% pada September 2023.

Lagi-lagi, peningkatan ini hanya terjadi dalam waktu 7 hari sejak deklarasi pasangan Anies-Cak Imin.

Lonjakan positif sudah terlihat sejak deklarasi pasangan Anies-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close