Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar: Pemilih Diuntungkan Jika KIB Usung Capres Sendiri

Senin, 06 Maret 2023 – 20:08 WIB
Pakar: Pemilih Diuntungkan Jika KIB Usung Capres Sendiri - JPNN.COM
Pimpinan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yaitu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah), Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt. Ketua PPP Mardiono. Ilustrasi. Foto: KIB

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik BRIN Wasisto Rahardjo Jati menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan memberikan alternatif pilihan bagi pemilih pada Pilpres 2024 jika mengusung kader sendiri sebagai capres.

"Kalau misalnya KIB maju sebagai koalisi sendiri dengan calon sendiri pula tentu akan memberikan opsi pilihan politik alternatif bagi pemilih dalam pemilu 2024 mendatang," ujar Wasisto saat dihubungi, Senin (6/3).

Meskipun demikian, Wasisto mengingatkan jika KIB berani memajukan capres sendiri maka akan memiliki resiko politik yang cukup berat ketimbang bergabung dengan koalisi lain.

"Maju sendiri tentu juga berpotensi berisiko secara politik dibandingkan merger dengan koalisi atau parpol lain dimana margin menang atau kalah bisa ditekan," katanya.

Wasis menambahkan KIB memiliki keuntungan karena bisa bergabung dengan koalisi mana saja.

Menurutnya KIB bisa saja bergabung dengan koalisi PDIP ataupun koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang digagas Gerindra dan PKB.

"Bisa dengan keduanya, karena pada dasarnya KIB ini juga berstatus parpol koalisi pemerintahan saat ini," kata Wasis.

Terkait dengan nama Capres-Cawapres yang akan diusung, Wasis mengatakan KIB masih perlu bisa bernegosiasi.

Pengamat politik BRIN Wasisto Rahardjo Jati menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan memberikan alternatif pilihan bagi pemilih pada Pilpres 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close