Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Sarankan Kementan Siapkan Strategi untuk Menghadapi El Nino

Jumat, 12 Mei 2023 – 16:53 WIB
Pakar Sarankan Kementan Siapkan Strategi untuk Menghadapi El Nino - JPNN.COM
Guru Besar Pertanian Unpad Prof. Dr. Tualar Simarmata mengatakan pemerintah pusat dan daerah harus segera mengantisipasi datangnya kemarau kering atau El Nino Ilustrasi - Petani. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Pertanian Universitas Padjajaran (Unpad), Prof. Dr. Tualar Simarmata mengatakan pemerintah pusat dan daerah harus segera mengantisipasi datangnya kemarau kering atau fenomena El Nino.

Menurutnya, pemerintah perlu melakukan pemetaan potensi masalah sehingga bisa segera mencari solusi bersama.

"Yang pasti petani itu berkaitan dengan air, bagaimana caranya supaya tanaman tidak kekeringan, itu mungkin yang bisa diantisipasi. Jadi sekarang dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah harus membuat pemetaan, dimana saja lokasi yang akan terdampak," kata Tualar dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Jumat (12/5).

Lebih lanjut, kata Prof Simarmata pemerintah juga bisa menggunakan teknologi yang tepat guna, misalnya dengan pompa air atau teknik irigasi tertentu.

"Kemudian diidentifikasi juga kalau tidak ada hujan, ada nggak sumber air yang bisa digunakan. Kalau ada sumber airnya, teknologi apa yang bisa digunakan agar air itu bisa sampai ke lahan, apakah dengan bantuan pompa, kemudian berikutnya langsung pelaksanaan," jelasnya.

Selain itu, dia menyarankan agar pemerintah tidak bekerja seperti pemadam kebakaran. Antisipasi harus dibuat sekarang supaya dukungan terhadap petani bisa maksimal.

"Saya kira mesti dilakukan sekarang, kalau terlalu dadakan seperti pemadam kebakaran. Kaitannya juga dengan masalah anggaran kan. Kalau begitu, mestinya segera dirapatkan dengan anggota dewan," ungkap Prof. Simarmata.

Sejalan dengan saran itu, Kementerian Pertanian telah melakukan berbagai antisipasi untuk menghadapi musim kemarau kering. Langkah antisipasi itu dilakukan dengan membangun infrastruktur pengairan guna memastikan air sampai ke lahan petani.

Guru Besar Pertanian Unpad Prof. Dr. Tualar Simarmata mengatakan pemerintah pusat dan daerah harus segera mengantisipasi datangnya kemarau kering atau El Nino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close