Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Sebut Hampir Semua Ecommerce Gunakan Sistem Integrasi Vertikal di Jasa Logistik

Senin, 10 Juni 2024 – 09:09 WIB
Pakar Sebut Hampir Semua Ecommerce Gunakan Sistem Integrasi Vertikal di Jasa Logistik - JPNN.COM
Ilustrasi, Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda menyebut para pemain ecommerce aktivitas yang dilakukan dengan bentuk sistem integrasi vertikal. Foto: PANDI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda merespons soal tudingan atas praktik monopoli oleh para pelaku industri ecommerce terhadap jasa layana jasa kurir yang digunakan.

Dia menyebut para pemain ecommerce aktivitas yang dilakukan dengan bentuk sistem integrasi vertikal yang menggabungkan platform belanja online dengan jasa kurir.

Menurut Nailul pola bisnis seperti itu bertujuan memudahkan pengiriman barang dari platform belanja. 

Selain itu, konsumen juga diuntungkan.

Sebab, kata dia, rantai pasok pengiriman barang jadi lebih efisien karena terhubung antara ecommerce dan penyedia jasa ekspedisi. 

“Praktik ini, kan, sebenarnya merupakan praktik integrasi vertikal di mana satu pihak perusahaan mempunyai lini bisnis atau bekerja sama dengan perusahaan lain dalam satu proses produksi atau distribusi mendukung kegiatan dari perusahaan tersebut,” kata Nailul dalam siaran persnya, Senin (10/6).

Dia menjelaskan apakah sistem integrasi vertikal menyalahi aturan? Justru menurut Nailul, sah-sah saja jika platform eCommerce melakukan hal tersebut. 

Menurutnya, hampir semua pemain eCommerce memberikan kesempatan kepada seller memilih perusahaan ekspedisi yang tersedia dan telah resmi bekerja sama.

Direktur Ekonomi Digital Celios Nailul Huda menyebut para pemain ecommerce aktivitas yang dilakukan dengan bentuk sistem integrasi vertikal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close