Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pakar Ungkap Pentingnya Ibu Hamil dan Menyusui Penuhi Kecukupan Hidrasi

Minggu, 11 September 2022 – 11:55 WIB
Pakar Ungkap Pentingnya Ibu Hamil dan Menyusui Penuhi Kecukupan Hidrasi - JPNN.COM
Pakar gizi dan pangan Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk minum satu hingga tiga gelas air lebih banyak dibandingkan wanita pada umumnya.

Sebab, air merupakan zat gizi dengan kontribusi terbesar dalam tubuh. Air menjadi komposisi utama dari janin yaitu hingga 70-90%, begitu pula pada ASI yang mencapai hingga 87%.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS mengungkapkan 2 dari 5 ibu hamil dan 5 dari 10 ibu menyusui ternyata belum cukup minum.

Dia mengatakan hal tersebut pada acara Food Ingredient Asia Conference yang diselenggarakan oleh Southeast Asian Food Science and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center – LPPM IPB bekerjasama dengan Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB University dan Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia di JIEXPO Kemayoran. belum lama ini.

Menurut dia, salah satu penyebab dari perubahan perilaku hidrasi selama masa kehamilan adalah fluktuasi hormon dan perubahan berat badan sehingga menyebabkan gejala mual, mulut tidak enak, dan tenggorokan terasa lebih kering.

Survei terhadap lebih dari 1.000 ibu hamil dari 24 provinsi di Indonesia menunjukkan 7 dari 10 ibu hamil menggantikan asupan air minum mereka dengan teh.

"Hal ini berpotensi menghambat penyerapan zat gizi tertentu seperti zat besi yang dibutuhkan ibu hamil. Minuman dengan rasa manis selama periode kehamilan dapat meningkatkan risiko kesehatan janin dan bayi," ujar Prof. Hardiansyah.

Konsumsi air dalam jumlah cukup dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah cairan ketuban pada ibu hamil dan mencegah terjadinya oligohidramnion (kurangnya cairan ketuban).

Pakar gizi dan pangan mengungkap pentingnya ibu hamil dan menyusui memenehui kecukupan hidrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close