Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PAN dan PPP Usul Capres Non-Kader, Pintu Masuk Golkar Merapat ke Prabowo atau Anies

Kamis, 30 Maret 2023 – 19:54 WIB
PAN dan PPP Usul Capres Non-Kader, Pintu Masuk Golkar Merapat ke Prabowo atau Anies - JPNN.COM
Siti Zuhro. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Golkar tengah membangun komunikasi intens dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) dan Koalisi Perubahan. Meskipun Golkar mengklaim Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas masih solid.

Peneliti Utama BRIN, R Siti Zuhro menilai, KIB sejak awal terkesan hanya membangun kesepakatan ‘tentatif’ tiga partai yakni Golkar, PAN dan PPP. Tanpa membahas siapa capres-cawapres.

“Masing-maisng partai diberi kesempatan untuk mengusulkan calonnya. Dengan berjalannya waktu, masing-masing partai di KIB proaktif/kreatif untuk mencari paslon,” ujar Siti Zuhro saat dihubungi, Kamis (30/3).

Siti juga menilai aneh, yang diusulkan oleh PAN dan PPP sebagai capres dan cawapres justru nonkadernya. Bahkan kader partai di luar KIB seperti Ganjar-Erick dan Sandiaga Uno.

“Sementara Golkar yang katanya sudah mantap dengan ketuanya sebagai capres, belum juga dideklarasikan,” imbuhnya.

Tampaknya, lanjut dia, Golkar mulai menghitung ulang prospek KIB dan pencalonan ketumnya. Sebab, dengan perkembangan sekarang, bisa saja Golkar masuk angin.

“Tidak jadi leading party meskipun memiliki kursi oke di DPR. Karena itu Golkar mencoba berkomunikasi dengan partai-partai lain seperti NasDem, Gerindra dan PKB.

Menurut Siti, penjajakan tersebut dilakukan sebagai solusi terhadap macetnya KIB yang tak kunjung mengerucut memunculkan capres dan cawapres.

Peneliti Utama BRIN, R Siti Zuhro menilai, KIB sejak awal terkesan hanya membangun kesepakatan ‘tentatif’ tiga partai yakni Golkar, PAN dan PPP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close