Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PAN Tawarkan Konfederasi Parpol Lewat Revisi UU

Jumat, 09 Juli 2010 – 20:22 WIB
PAN Tawarkan Konfederasi Parpol Lewat Revisi UU - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Sekjen DPP PAN, Teguh Juwarno, menyatakan bahwa partainya bersungguh-sungguh dalam menggolkan gagasan tentang konfederasi partai politik. Cara yang akan ditempuh, kata Teguh, melalui revisi Undang-undang tentang Penyelenggara Pemilu.

“PAN akan berupaya merevisi UU tentang Penyelenggara Pemilu dengan mengajukan beberapa klausul, satu di antaranya soal konfederasi parpol,” kata Teguh Juwarno dalam diskusi bertema “Konfederasi Parpol dalam Penguatan Fungsi DPD” di gedung Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (9/7).

Saat ini, lanjut Teguh, PAN tengah fokus membahas konsep konfederasi parpol yang paling relevan dengan kondisi politik di Indonesia sekarang dan masa datang. Dari beberapa kali pembahasan internal, berkembang pemikiran PAN akan merekrut partai yang tidak memenuhi persyaratan parliamentary threshold (PT) 2,5 persen pada pemilu 2009. "Syaratnya, harus memiliki kesamaan platform. Di luar itu, hingga saat ini masih menjadi perdebatan internal,” katanya.

Teguh memperkirakan, konsep konfederasi yang sedang dibahas di PAN itu sudah mendekati penyelesaian dan bisa diimplementasikan sebelum pemilu 2014. "Kalau konfederasi partai ini bisa dibangun sebelum Pemilu 2014 maka bisa terbentuk bangunan solid seperti Barisan Nasional di Malaysia," imbuhnya.

JAKARTA - Wakil Sekjen DPP PAN, Teguh Juwarno, menyatakan bahwa partainya bersungguh-sungguh dalam menggolkan gagasan tentang konfederasi partai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close