Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pangkas Pagar untuk Proyek Normalisasi Saluran Air

Jumat, 14 September 2018 – 14:19 WIB
Pangkas Pagar untuk Proyek Normalisasi Saluran Air - JPNN.COM
Pembongkaran gapura cukup sulit karena terbuat dari beton dan baja. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya membongkar pagar dan teras sembilan rumah di Jalan Bagong Ginayan I. Itu karena pagar mereka berdiri di atas fasum saluran air atau yang lebih dikenal brandgang.

Pembongkaran dimulai pada Rabu (12/9). Mayoritas yang terpangkas adalah bagian depan rumah. Pemilik rumah dengan dibantu petugas membongkar sendiri rumahnya. Hal itu terjadi setelah warga dan pemkot berdiskusi. "Sebelumnya rapat dengan lurah dan setuju dibongkar," kata Machfud, salah satu pemilik rumah terdampak.

Diskusi sempat alot. Sebab, para warga menyatakan sudah puluhan tahun membangun rumah tersebut. Namun, setelah diberi penjelasan bahwa akan ada proyek untuk mengurangi banjir, para warga setuju. "Ya bagaimana lagi, kami yang salah karena buat rumah di atas saluran air," imbuhnya.

Rumah-rumah tersebut berdiri lurus dengan saluran air Rumah Pompa Flores menuju Kalimas. Karena itu, petugas harus membongkar rumah yang menempati saluran selebar 2 meter tersebut. Bagian rumah yang dibongkar pun bervariasi. Ada yang hanya bagian pagarnya. Ada pula yang hingga bagian teras menuju ruang tamu.

Diskusi sempat alot. Sebab, para warga menyatakan sudah puluhan tahun membangun rumah tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close