Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Panglima TNI: Pernyataan Saya Bukan Informasi Intelijen

Rabu, 27 September 2017 – 16:10 WIB
Panglima TNI: Pernyataan Saya Bukan Informasi Intelijen - JPNN.COM
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Foto: Puspen TNI

jpnn.com, JAKARTA - Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan bahwa pernyataannya soal dugaan pembelian 5000 senjata api ilegal bukan berasal dari informasi intelijen.

Dia menegaskan, semua informasi intelijen yang diperolehnya hanya akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

“Karena informasi intelijen yang saya dapatkan hanya boleh diberikan kepada presiden. Pernyataan saya pas acara purnawirawan itu bukan informasi intelijen,” kata Gatot usai menjadi pembicara di diskusi “Pancasila dan Integrasi Bangsa yang digelar Fraksi PKS di gedung DPR, Jakarta, Rabu (27/9).

Gatot pun menjelaskan secara terperinci apa yang dimaksudkan dengan informasi intelijen itu. Menurut Gatot, informasi intelijen itu harus mengandung siapa, apa yang dilakukan dan dimana dilalukan.

Nah, tutut Gatot, bentuk informasi intelijen yang mengandung unsur-unsur inilah yang hanya akan disampaikannya kepada presiden selaku panglima tertinggi TNI.

Selain presiden, juga kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Saya hanya akan menyampaikan apa yang saya tahu kepada presiden atau kalau saya dipanggil DPR. Selain itu saya tidak bisa menyampaikan,” tegas jenderal bintang empat berperawakan tegap ini.

Seperti diketahui, Gatot mengungkapkan soal pembelian 5 ribu senjata api itu saat bersilaturahmi dengan purnawirawan TNI di aula Gatot Subroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur akhir pekan lalu.

Ketika itu Gatot mengklaim informasi tersebut sebagai data intelejen berstatus A1 alias terpercaya dan bisa dipertanggunjawabkan.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengaku hanya membagi informasi intelijen dengan presiden dan DPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close