Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pantau Pemilu Kamboja, Helmy Fauzi Sebut PM Hun Sen Siapkan Transisi Kekuasaan Kepada Generasi Muda

Senin, 24 Juli 2023 – 04:16 WIB
Pantau Pemilu Kamboja, Helmy Fauzi Sebut PM Hun Sen Siapkan Transisi Kekuasaan Kepada Generasi Muda - JPNN.COM
PDI Perjuangan mengutus Helmy Fauzi –Duta Besar Indonesia untuk Mesir (2016-2020) dan Sekretaris PDI Perjuangan Jakarta Utara Brando Susanto ikut serta dalam Misi Pemantau Pemilu International Conference on Asian Political Parties (ICAAP) yang berlangsung dari tanggal 20 Juli hingga 24 Juli di Pnomh Penh, Kamboja. Foto: Humas PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Kamboja menggelar pemilihan umum (pemilu) pada Minggu (23/7/2023) untuk membentuk badan legislatif yang kemudian akan membentuk pemerintahan.

Pada pemilu kali ini, PDI Perjuangan mengutus Helmy Fauzi –Duta Besar Indonesia untuk Mesir (2016-2020) dan Sekretaris PDI Perjuangan Jakarta Utara Brando Susanto untuk ikut serta dalam Misi Pemantau Pemilu International Conference on Asian Political Parties (ICAAP) yang berlangsung dari tanggal 20 Juli hingga 24 Juli di Pnomh Penh, Kamboja.

“Pemilu di Kambodia saat ini, bukan saja pemilu yang menentukan anggota majelis nasional atau anggota parlemen, tetapi juga merupakan momentum untuk estafet kepemimpinan dari generasi sebelumnya yang tumbuh dan dibesarkan dalam pertarungan geopolitik pada era perang dingin kepada generasi muda yang tumbuh dan hidup di era globalisasi,” ujar Helmy Fauzi di Pnomh Penh, Minggu (23/7/2023) malam.

Helmy menyebut Hun Sen dalam pertemuan terbatas dengan perwakilan internasional observer pemilu Kamboja 2023 menyatakan dirinya sedang mempersiapkan transfer dan transisi kekuasaan kepada kaum muda.

“Namun, PM Hun Sen menegaskan meskipun alih generasi tersebut juga melahirkan perubahan, namun ada dua hal yang tak boleh berubah, yaitu perdamaian dan pembangunan,” ujar Helmy Fauzi.

Helmy Fauzi juga mengapresiasi jalannya pemilu di Kambodia yang berlangsung damai, tertib dan transparan.

“Sebagai pemantau pemilu internasional, kami diperbolehkan memantau langsung dan bebas berkomunikasi dengan para pemilih dan partai peserta pemilu,” kata Helmy Fauzi ynag juga pernah menjadi anggota Komisi Luar Negeri Fraksi PDI Perjuangan DPR RI ini.

Helmy Fauzi juga memuji keberhasilan PM Hun Sen dalam menyiapkan alih generasi kepemimpinan nasional Kambodia.

Helmy Fauzi menyebut Hun Sen sedang mempersiapkan transfer dan transisi kekuasaan kepada generasi muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close