Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Para Gubernur Terima DIPA 2014 di Istana Bogor

Selasa, 10 Desember 2013 – 17:20 WIB
Para Gubernur Terima DIPA 2014 di Istana Bogor - JPNN.COM

jpnn.com - BOGOR--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2014 kepada para menteri/pimpinan lembaga sebagai pengguna anggaran dan para gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

Penyerahan DIPA 2014 ini dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, pada Selasa sore (10/12).

Menteri Keuangan Chatib Basri menjelaskan, penyerahan DIPA dilaksanakan sebelum tahun anggaran 2014 dimulai. Hal tersebut, lanjutnya, sebagai komitmen bersama untuk memastikan agar pelaksanaan anggaran dapat dimulai tepat pada waktunya.

"Dengan demikian, seluruh Satuan Kerja dapat segera mengeksekusi rencana-rencana yang sudah ditetapkan dalam DIPA sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing," ujar  Chatib Basri dalam sambutannya di hadapan Presiden, Wapres Boediono, serta para gubernur di ruang Garuda, Istana Bogor.

Chatib memaparkan hasil kesepakatan antara Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Disebutkan, pendapatan negara direncanakan mencapai Rp 1.667,1 triliun atau naik Rp 165,1 triliun dan tumbuh 11persen dari APBN-P 2013. Jumlah tersebut terdiri dari penerimaan dalam negeri sebesar Rp 1.665,8 triliun dan penerimaan hibah Rp 1,4 triliun.

Sedangkan untuk belanja negara ditetapkan sebesar Rp 1.842,5 triliun atau naik Rp 116,3 triliun dan tumbuh 6,7persen dibandingkan APBN-P 2013. Belanja tersebut terbagi atas belanja pemerintah pusat direncanakan sebesar Rp 1.249,9 triliun atau naik Rp 53,1 triliun, anggaran transfer daerah sebesar Rp 592,6 triliun atau naik sebesar Rp 63,2 triliun.

"Untuk mencegah penganggaran yang tidak sesuai ketentuan telah dilibatkan aparat Pengawasan Intern masing-masing Kementerian/Lembaga, sebagai  quality assurance untuk melakukan review terhadap RKA-K/L dan memastikan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan, serta kepatuhan terhadap kaidah-kaidah penganggaran," lanjut Chatib.

Pada kesempatan ini Kepala Negara  memberikan secara simbolis DIPA kepada seluruh gubernur termasuk Gubernur Kalimantan Utara yang merupakan Provinsi termuda serta tujuh Kementerian/Lembaga terbaik.

BOGOR--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2014 kepada para menteri/pimpinan lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA