Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partai Ini Sulit Bersaing dengan PDIP atau Gerindra, Tetapi Ancaman Serius Buat PKS

Jumat, 22 Mei 2020 – 22:43 WIB
Partai Ini Sulit Bersaing dengan PDIP atau Gerindra, Tetapi Ancaman Serius Buat PKS - JPNN.COM
Ketua Umum Gelora Anis Matta (jaket putih memegang papan surfing) bersama sejumlah pengurus parpolnya. Foto: Twitter/partaigeloraid

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai, kehadiran Partai Gelombang Rakyat (Gelora) bakal memberi warna baru di Pemilu 2024 mendatang. Para pendiri Partai Gelora diyakini sangat memahami ceruk pemilih yang bisa dimanfaatkan.

"Saya optimistis Gelora bisa mengambil segmen pemilih yang selama ini menjadi captive market PKS. Jika PKS hanya menawarkan politik asal beda selama sepuluh tahun pemerintahan Jokowi, saya rasa ada peluang Gelora menggerus suara PKS," ujar Ari dalam pesan tertulis, Senin (22/5).

Keyakinan CEO Lembaga Survei Nusakom Pratama ini didasari kenyataan pentolan-pentolan Partai Gelora merupakan politikus kawakan jebolan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang kenyang dan tahu betul strategi PKS.

"Meski demikian, di Pemilu 2024 nanti, Gelora bakal menghadapi tantangan berat dari parpol-parpol lain yang sudah mapan seperti PDIP, PKB, Golkar dan Gerindra," ucapnya.

Apalagi, rencana ambang batas parpol untuk bisa melenggang ke Senayan diwacanakan naik ke 5 hingga 7 persen. Dalam UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu, parliamentary threshold ditetapkan sebesar 4 persen dari total suara hasil pemilu.

"Membangun partai baru tidak saja butuh logistik yang kuat, tetapi juga jaringan kepartaian yang harus sampai ke pelosok," ucapnya.

Pembimbing program doktoral di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini lebih lanjut mengatakan, partai butuh kepemimpinan yang teruji dan bisa membuktikan kiprah di masyarakat.

"Untuk sampai ke tahap itu, saya rasa Gelora butuh waktu dan proses, tetapi sebagai alternatif pilihan, Gelora akan menjadi tawaran yang menarik di tengah kejenuhan pemilih PKS yang dikenal dengan loyalitasnya," ucap Ari.

PKS harus hati-hati, pasalnya partai baru ini berpotensi menggerogoti suara mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close