Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Partai Penguasa Terlalu Kuat, Oposisi Kemungkinan Harus Puasa Seabad

Senin, 22 Juni 2020 – 20:51 WIB
Partai Penguasa Terlalu Kuat, Oposisi Kemungkinan Harus Puasa Seabad - JPNN.COM
PM Kamboja Hun Sen. Foto: Reuters

jpnn.com, PNOM PENH - Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengatakan bahwa Partai Rakyat Kamboja (CPP) akan mendominasi politik negeri itu hingga satu abad.

"Siapa yang memiliki kapabilitas untuk menggantikan Hun Sen saat ini? Mari kita jujur dan mengakui. Tidak ada satu pun," kata Hun Sen dalam pidato yang disiarkan langsung di Facebook, Senin (22/6).

"Tetapi bagi Anda (oposisi) yang memang ingin (menggantikan), mungkin Anda harus menunggu hingga kehidupan berikutnya. Ketika masih ada Hun Sen, masih ada CPP di sini, maka Anda harus menunggu di kehidupan selanjutnya," dia menambahkan.

Hun Sen menjadi salah satu pemimpin negara dengan masa jabatan terpanjang di dunia, yakni lebih dari 30 tahun dalam kekuasaan.

Partai yang telah berkuasa sejak tahun 1979 itu saat ini menempatkan juga anggotanya di seluruh 125 kursi legislatif setelah partai oposisi utama tak lagi muncul menjelang pemilihan umum 2018 karena dituduh merencanakan penggulingan pemerintahan.

Pihak oposisi, Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) dibubarkan dan 118 anggotanya dilarang berpolitik selama lima tahun mulai 2017, sebagai bagian dari tindakan keras terhadap oposisi, masyarakat sipil, dan media menjelang pemilu setahun kemudian.

Pimpinan CNRP, Kem Sokha, didakwa dengan tuntutan pengkhianatan dan dituduh menjalankan konspirasi dengan Amerika Serikat untuk menggulingkan Hun Sen--yang mana dibantah oleh Kem Sokha.

Dalam pidatonya hari ini, Hun Sen juga menyebut markas baru CPP senilai 30 juta dolar (setara Rp428 miliar) di Phnom Penh serta kantor di tingkat provinsi menjadi tanda bahwa partainya itu akan memimpin politik nasional untuk jangka waktu yang sangat lama.

Perdana Menteri Kamboja Hun Sen mengatakan bahwa Partai Rakyat Kamboja (CPP) akan mendominasi politik negeri itu hingga satu abad

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close