Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SMRC Sebut Elektabilitas Ganjar 39 Persen, Anies Masih Jauh

Jumat, 12 Mei 2023 – 16:42 WIB
SMRC Sebut Elektabilitas Ganjar 39 Persen, Anies Masih Jauh - JPNN.COM
Hasil survei terbaru SMRC menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto: dok pribadi.

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting membeberkan hasil survei terkait dengan elektabilitas tiga tokoh yang potensial menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan elektabilitas capres PDIP sekaligus Gubenur Jateng Ganjar Pranowo jauh mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam simulasi tiga nama tertutup.

"Dalam simulasi pilihan tertutup terhadap tiga nama, Ganjar mendapat dukungan terbanyak 39,2 persen, disusul Prabowo 32,1 persen, dan 19,7 persen," kata Deni dalam rilis survei yang disiarkan secara virtual, Jumat (12/5).

Dia menyebutkan dalam rentang waktu dua tahun terakhir dukungan pada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen, sementara Prabowo cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen.

Sedangkan dukungan untuk Anies cenderung menurun dari 23,5 persen menjadi 19,7 persen.

"Kenaikan suara Ganjar dalam sebulan terakhir terkait dengan efek popularitas atau kedikenalannya yang juga meningkat," lanjutnya. 

Deni menjelaskan pada survei 3-11 April 2023, Ganjar baru dikenal 78 persen, meningkat menjadi 84 persen pada Mei 2023. 

Sementara tingkat kedikenalan Anies dan Prabowo tidak mengalami perubahan signifikan. Anies dikenal 86 menjadi 87 persen dan Prabowo tetap 96 persen pada periode tersebut.

Hasil survei terbaru SMRC menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close