Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SMRC Nilai Ganjar Berpeluang Pacu Elektabilitas Dibanding Prabowo dan Anies

Jumat, 12 Mei 2023 – 15:22 WIB
SMRC Nilai Ganjar Berpeluang Pacu Elektabilitas Dibanding Prabowo dan Anies - JPNN.COM
Dari tiga bacapres 2024, Ganjar Pranowo lebih berpotensi memacu elektabilitasnya. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Saiful Mujani Research & Consulting membeberkan peluang capres PDIP sekaligus Gubenur Jateng Ganjar Pranowo dalam memacu elektabilitasnya ketimbang Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan potensi itu terlihat dari survei terbaru SMRC terkait elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies dengan melibatkan semua responden berjumlah 1.202 dan responden yang tahu calon berjumlah 801.

Hasilnya, 44,7 persen responden yang tahu ketiga calon memilih Ganjar. Kemudian 28,2 persen memilih Prabowo dan 21,4 persen memilih Anies. Masih ada 5,7 persen yang tidak tahu atau jawab.

Adapun hasil survei yang melibatkan semua responden, Ganjar memperoleh 39,2 persen. Kemudian Prabowo sebesar 32,1 persen, dan Aniesn 19,7 persen. Masih ada 8,9 persen yang tidak tahu atau tidak jawab.

"Ganjar memiliki peluang lebih besar untuk meningkatkan elektabilitasnya dibandingkan Prabowo dan Anies," ujar Deni dalam rilis survei yang dilakukan secara virtual, Jumat (12/5).

SMRC juga menyebutkan bahwa hasil pengenalan terhadap Ganjar masih berada di angka 84 persen, sedangkan Anies sebesar 87 persen. Adapun Prabowo sudah mencapai 96 persen.

Melihat hasil tersebut, Ganjar masih berpeluang untuk meningkatkan elektabilitasnya seiring dengan kenaikan pengenalan Ganjar di masyarakat.

Selain itu, dalam dua tahun terakhir, dari Mei 2021 ke Mei 2023, dukungan kepada Ganjar naik dari 25,5 persen menjadi 39,2 persen.

Dari tiga bacapres 2024, Ganjar Pranowo lebih berpotensi memacu elektabilitasnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close