Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasukan NTC Rebut Kota Loyalis Kadhafi

Keluarga Rezim Lama Eksodus dari Sirte, Khamis Kadhafi Dipastikan Tewas

Selasa, 18 Oktober 2011 – 09:09 WIB
Pasukan NTC Rebut Kota Loyalis Kadhafi - JPNN.COM
BANI WALID - Setelah terlibat pertempuran sengit selama beberapa pekan, pasukan rezim baru Libya berhasil  menguasai Bani Walid, salah satu kota terakhir yang masih dikuasai oleh loyalis mantan diktator Muammar Kadhafi. Kemarin (17/10) pasukan Dewan Transisi Nasional (NTC) mengibarkan bendera baru Libya di kota yang dikelilingi gurun dan berjarak sekitar 146 kilometer sebelah tenggara Tripoli.

Bersamaan itu, ratusan warga juga meninggalkan Sirte, kota kelahiran Kadhafi. "Saat ini, kota ini sudah 90 persen bebas (dari tangan loyalis Kadhafi)," ungkap Komandan NTC Salem Ghit.

Desing peluru kemarin memang masih terdengar di kota yang terletak di pinggir Wadi atau Lembah Merdum itu. Pertempuran belum sepenuhnya usai. Bentrok sporadis antara pasukan NTC dan loyalis Khadafi masih terjadi di beberapa titik.

 

Tetapi, secara keseluruhan kota berpenduduk sekitar 85 ribu jiwa tersebut telah jatuh ke pangkuan NTC. "Serangan intensif yang kami lancarkan dari dua titik, utara dan selatan, berhasil memukul mundur lawan," tutur Ghit dari wilayah tengah Bani Walid. Serangan itu, lanjut dia, makin intensif dilancarkan dalam sepekan terakhir.

 

BANI WALID - Setelah terlibat pertempuran sengit selama beberapa pekan, pasukan rezim baru Libya berhasil  menguasai Bani Walid, salah satu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA