Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pasukan TNI dan Polri Berhasil Mendesak Mundur KKB, Pasar Ilaga Sudah Ramai

Selasa, 04 Mei 2021 – 08:19 WIB
Pasukan TNI dan Polri Berhasil Mendesak Mundur KKB, Pasar Ilaga Sudah Ramai - JPNN.COM
Waka Satgas Humas Nemangkawi Dr Fajar Satria bersama Pejabat Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia menyambangi warga masyarakat Ilaga yang akan menggelar ritual adat bakar honai perang suku, Senin (3/5/2021). Foto: ANTARA/HO/Humas Satgas Nemangkawi

jpnn.com, PUNCAK - Warga Ilaga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua sejak Senin pagi menggelar ritual adat bakar honai perang suku yang terjadi pada 12 tahun silam.

Saat itu terjadi perang suku antara kubu Elvis Tabuni dan Simon Alom yang bermula dari konflik Pilkada.

Prosesi adat bakar honai perang suku itu dipimpin langsung Kepala Suku Ilaga Nicolas Alom.

Nicolas Alom menyebut pembakaran honai (rumah adat suku pegunungan Papua) itu menandai telah berakhirnya permasalahan atau konflik antara Simon Alom dengan Elvis Tabuni secara adat.

"Ini saya punya adat. Mulai hari ini sampai esok (Selasa 4/5). Selama kegiatan dimulai situasi sudah aman, hingga selesainya kegiatan ini pasti aman juga," ujar Nicolas.

Persiapan ritual adat bakar honai perang suku itu turut dihadiri oleh Waka Satgas Humas Nemangkawi AKBP Dr Fajar Satria bersama Pejabat Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia.

AKBP Fajar mengatakan kehadiran pihak kepolisian untuk memastikan kegiatan tradisi adat tersebut bisa berjalan aman dan kondusif.

"Masyarakat antusias menyambut kedatangan personel Polri dalam tradisi adat tersebut. Mereka mengapresiasi dan berterima kasih atas kesigapan dan kerja keras aparat gabungan TNI-Polri yang telah mendesak mundur KKB, hingga wilayah Kabupaten Puncak kini sudah kembali kondusif," ujar AKBP Fajar.

Pasukan TNI dan Polri berhasil mendesak mundur KKB, wilayah Kabupaten Puncak kini sudah kembali kondusif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   KKB  TNI  Polri  Papua  Ilaga 
BERITA LAINNYA
X Close