Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Paulus Waterpauw Sebut Rakor Fordasi 2023 Perkuat Kerja Sama 9 Provinsi

Rabu, 27 September 2023 – 16:01 WIB
Paulus Waterpauw Sebut Rakor Fordasi 2023 Perkuat Kerja Sama 9 Provinsi - JPNN.COM
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama delapan delegasi membuka rapat koordinasi (rakor) Fordasi 2023, di Manokwari, Selasa (26/9). Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia Daerah Khusus Istimewa (Fordasi) resmi dibuka dengan penambahan empat provinsi baru di tanah Papua yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya.

Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw bersama delapan delegasi membuka rapat koordinasi (rakor) Fordasi 2023, di Manokwari, Selasa (26/9).

Rakor Fordasi yang berlangsung 26 - 27 September 2023 membahas sejumlah kerja sama antardaerah. Pertemuan sembilan gubernur tersebut juga akan membahas strategu konkret dari isu strategis dan konsep dari masing-masing daerah yang akan dituangkan dalam pernyataan bersama/deklarasi atas kebijaksanaan negara pada daerah desentralisasi.

Berbagai isu strategis itu diantaranya upaya mengendalikan inflasi, menangani stunting, kemiskinan, meningkatan daya saing di daerah, peningkatan UMKM dan peningkatan ketahanan bahan pangan.

“Daerah yang maju kita sharing di sini kita kerja sama untuk manfaatkan keistimewaan kita. Misalnya kita akan belajar banyak dari Yogyakarta bagaimana UMKM mereka sangat maju dan berkembang,” jelas

Paulus Waterpauw mengatakan beberapa pokok penting yang dihasilkan dari Fordasi bagi 6 Provinsi di Papua yakni merancang grand desain kerja sama anggota Fordasi dalam 20 tahun mendatang, membuat peta jalan dalam 5 tahun ke depan, juga memanfaatkan potensi masing-masing daerah.

"Saya bisa menyebut Fordasi bukan lagi sebagai forum koordinasi tetapi sudah sampai pada tahap kerja bersama untuk membangun daerah kita," lanjut Waterpauw.

Menurut Waterpauw, Papua Barat bisa menjadi tuan rumah Fordasi ke-8 2023 karena banyak hal positif yang akan dihasilkan pada pertemuan tersebut.

Fordasi resmi dibuka dengan penambahan empat provinsi baru di tanah Papua yakni Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Barat Daya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close