Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pawang Ular Dipatuk King Kobra, Keluarga Yakin Masih Hidup

Rabu, 11 Juli 2018 – 07:16 WIB
Pawang Ular Dipatuk King Kobra, Keluarga Yakin Masih Hidup - JPNN.COM
Rizky Ahmad si pawang ular dipatok king kobra, keluarga meyakini masih hidup. Foto: Facebook Rizky Ahmad

jpnn.com, PALANGKA RAYA - Kasus meninggalnya Rizky Ahmad alias Dewa, pawang ular yang dipatuk king cobra miliknya pada Minggu (8/7), mendapat perhatian luas masyarakat. Pasalnya, meski secara klinis dokter menyatakan Rizky sudah meninggal, pihak keluarga meyakini masih hidup.

Plt Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Suyuti Syamsul menyatakan dokter forensik yang menyatakan Rizky telah meninggal, tak mungkin keliru. Berdasarkan hasil pemeriksaan medis (klinis). Salah satunya, dari pupil mata. Apabila ada pelebaran pupil, maka dapat dipastikan seorang pasien tersebut telah meninggal dunia.

“Sebenarnya (meninggal, red). Tidak keliru. Untuk menyatakan kematian itu dilihat dari pupil matanya. Kami akan melihat ada pelebaran pupil di mata. Tidak bisa dilihat oleh masyarakat,” kata Suyuti, Selasa (10/7).

Pihaknya tidak ingin berspekulasi terkait adanya dugaan keluarga bahwa Dewa masih bernyawa. Apalagi, keluarga menilai bahwa pecinta reptile tersebut masih menghembuskan napas, serta masih ada detak jantungnya.

“Lebih bagus untuk memastikan itu yang profesional yang diundang. Kalau misalnya ada denyut jantung, itu mati klinis namanya. Tapi saya tidak ingin spekulasi soal itu. Tanyakan ke dokter forensiknya,” bebernya.

Pawang Ular Dipatuk King Kobra, Keluarga Yakin Masih Hidup

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUD dr Doris Sylvanus, dr Ricka Brillianty Zaluchu. Rizki secara medis sudah dipastikan meninggal.

“Jika secara medis, terpantau Rizki sudah tidak ada lagi tanda kehidupan. Dia sudah tidak ada denyut nadi ataupun alunan napas,” sebut Ricka.

Pihak keluarga meyakini Rizki Ahmad alias Dewa si pawang ular yang dipatuk king kobra, masih hidup, sedangkan dokter menyatakan sudah meninggal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close