Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PBB Desak ASEAN Meminta Pertanggungjawaban Junta Myanmar

Kamis, 22 Juni 2023 – 05:07 WIB
PBB Desak ASEAN Meminta Pertanggungjawaban Junta Myanmar - JPNN.COM
Pemerintah Australia berusaha menghindari usaha memberikan keabsahan bagi pemimpin militer Myanmar Min Aung Hlaing (AP)

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Thomas Andrews mengatakan bahwa Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) harus meminta pertanggungjawaban junta Myanmar atas pelanggaran yang dilakukan.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu, Andrews, yang juga merupakan Pelapor Khusus PBB untuk urusan hak asasi manusia di Myanmar, mengatakan ASEAN juga tidak boleh melibatkan para pemimpin militer Myanmar dalam berbagai pertemuan karena junta selama ini telah mengabaikan Konsensus Lima Poin.

“Sudah saatnya untuk mempertimbangkan opsi-opsi alternatif untuk memecahkan kebuntuan yang mematikan,” katanya.

“ASEAN harus mempertimbangkan langkah-langkah untuk menuntut pertanggungjawaban junta atas pelanggaran hak asasi manusia dan pengabaian terhadap pelaksanaan Konsensus Lima Poin,” sambung dia.

Pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) November tahun lalu, para pemimpin ASEAN menyerukan “peninjauan lebih lanjut” terhadap perwakilan Myanmar dalam pertemuan-pertemuan organisasi regional tersebut.

Para pemimpin ASEAN juga menyimpulkan perlunya “indikator-indikator yang dapat diukur dengan jangka waktu tertentu” terkait rencana implementasi Konsensus Lima Poin, yang telah disepakati pada April 2021.

Namun, peninjauan lebih lanjut itu hingga saat ini belum terjadi dan belum ada kemajuan dalam penerapan rencana implementasi Konsensus Lima Poin, yang di antaranya menyerukan penghentian kekerasan, akses kemanusiaan yang aman, dan dialog inklusif untuk mencapai perdamaian.

Pernyataan Andrews itu muncul ketika pemerintah Thailand pada pekan ini mengadakan pertemuan yang mengundang para Menteri Luar Negeri ASEAN dan perwakilan junta Myanmar. Beberapa negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia menolak hadir dalam pertemuan tersebut.

Thailand pada pekan ini mengadakan pertemuan yang mengundang para Menteri Luar Negeri ASEAN dan perwakilan junta Myanmar

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close