Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PBB pun Gagal Damaikan Israel-Palestina

Jumat, 02 Januari 2009 – 06:58 WIB
PBB pun Gagal Damaikan Israel-Palestina - JPNN.COM
Foto : AFP
GAZA - Kala sebagian penduduk planet ini berhura-hura merayakan pergantian tahun, warga Palestina yang tinggal di Gaza justru dicekam ketakutan. Bombardir Israel ke wilayah mereka tak kunjung mereda. Sementara, hingga hari keenam bergolaknya konflik Israel-Hamas itu, upaya gencatan senjata masih kabur.

PBB pun tak mampu membendung langkah tank serta hujan bom Negeri Zionis itu. Dewan Keamanan gagal mengesahkan draf resolusi perdamaian. Yang mengganjal adalah Inggris dan Amerika Serikat.

Dua negara hawkish (pecandu perang) itu memveto putusan anggota DK PBB lain. Mereka mempermasalahkan sejumlah klausul yang terdapat dalam draf resolusi. Salah satunya, karena draf tersebut hanya menekan Israel agar menghentikan serangan militer, sementara Hamas tidak. Sejak awal, kedua negara tersebut memang seia sekata mengklaim bahwa Hamas-lah biang keladi masalah hingga Israel harus membalas dengan operasi militer besar-besaran.

''Draf itu harus mencerminkan pertanggungjawaban kedua pihak. Resolusi yang seimbang akan menjadi peluang bagus bagi dukungan keamanan oleh Dewan Keamanan,'' kata Duta Besar Inggris untuk PBB John Sawers.

GAZA - Kala sebagian penduduk planet ini berhura-hura merayakan pergantian tahun, warga Palestina yang tinggal di Gaza justru dicekam ketakutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA