Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Belum Punya Sikap Politik

Kamis, 13 Agustus 2009 – 20:51 WIB
PDIP Belum Punya Sikap Politik - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua DPP PDIP Tjahjo Kumolo menepis anggapan bahwa kehadiran partai berlambang kepala banteng gemuk itu hanya untuk berpikir akan jadi oposisi, atau bergabung dengan pemerintahan presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Persoalan dan kebutuhan PDIP sekarang ini bukanlah soal oposisi atau di pemerintahan. Skala prioritas saat ini adalah, harus tetap konsisten memainkan peran dan posisinya secara kritis dalam menyikapi setiap keputusan politik pembangunan, baik oleh pemerintah pusat maupun daerah yang tidak pro-rakyat. Karena itu, wajar belum ada pembahasan mengenai posisi politik PDIP untuk lima tahun ke depan," tegas Tjahjo Kumolo, di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Kamis (13/8).

Ditanya soal adanya tawaran kepada PDIP dari presiden terpilih untuk mengisi beberapa kursi dalam kabinet pemerintahan SBY-Boediono mendatang, Tjahjo menjelaskan bahwa semuanya akan diputuskan oleh partai dengan berpedoman pada keputusan kongres PDIP yang lalu. "Kongres saat itu memutuskan PDIP oposisi, sampai dengan berakhirnya pemerintahan yang sekarang ini. Setelah itu PDIP kembali akan membahas dan mengambil keputusan posisi politik partai dalam waktu dekat ini," jawabnya.

Sebagaimana yang sudah disaksikan masyarakat, sikap politik PDIP terhadap Presiden SBY akhir-akhir ini kian melunak, menyusul terjadinya 'cium pipi kanan dan cium pipi kiri' antara Presiden SBY dengan Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) PDIP Taufiq Kiemas (TK), seusai SBY menyampaikan nota keuangan RAPBN 2010 dalam Sidang Paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/8) lalu.

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Tjahjo Kumolo menepis anggapan bahwa kehadiran partai berlambang kepala banteng gemuk itu hanya untuk berpikir akan jadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA