Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Jadi Parpol Paling Berpengaruh Lewat Modernisasi

Selasa, 03 Januari 2023 – 20:35 WIB
PDIP Jadi Parpol Paling Berpengaruh Lewat Modernisasi - JPNN.COM
Logo Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Foto: arsip JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Pusat Kajian Politik Aisah Putri Budiatri menyebutkan PDI Perjuangan sebenarnya menjadi partai yang mampu bertransformasi menuju parpol modern dan profesional.

Dia mengatakan langkah transformasi tadi yang ujungnya membuat PDIP menjadi parpol yang berpengaruh di percaturan politik Tanah Air. 

"PDIP bisa dibilang sebagai partai yang paling berpengaruh di percaturan politik Indonesia," kata Putri saat dihubungi wartawan, Selasa (3/1).

Dia kemudian membeberkan contoh PDIP bisa bertransformasi menuju parpol modern dengan capaian mampu membangun banyak kantor dan meraih standar kualifikasi manajemen ISO 9001:2015.

Selain berpengaruh, kata Putri, upaya transformasi partai membuat PDIP diapresiasi publik menyusul elektabilitas parpol yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu di angka 24-26 persen. 

"Langkah-langkah partai untuk membuat sekolah partai, mendapatkan ISO, dan lainnya menunjukkan upaya partai menjadi partai modern dan tentu patut untuk diapresiasi," jelas Aisah Putri.

Dia mengatakan PDIP yang akan merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-50 harus merancang program yang mengarah ke sisi positif.

Menurut Putri, ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi PDIP ke depannya, yakni melahirkan pemimpin pada masa depan dan kaderisasi. 

Peneliti Pusat Kajian Politik Aisah Putri Budiatri mengatakan modernisasi menggiring PDIP menjadi partai paling berpengaruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close