Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PDIP Minta Rakyat Berikan Kepercayaan kepada Pemerintah untuk Laksanakan Tugas

Sabtu, 10 Oktober 2020 – 23:03 WIB
PDIP Minta Rakyat Berikan Kepercayaan kepada Pemerintah untuk Laksanakan Tugas - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam diskusi virtual yang digelar Pemuda Muhammadiyah dengan tema Corona dan Benang Kusut Pilkada 2020 pada Sabtu (10/10) malam. Screenshot di Zoom.

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan memandang legitimasi dari rakyat sangat dibutuhkan negara ini untuk melahirkan pemimpin-pemimpin negarawan dengan solusi substansial di tengah pandemi Covid-19 ini. Termasuk memberikan kepercayaan kepada jajaran pemerintah yang selama ini sudah diberikan kepada kepala negara hingga pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam diskusi virtual yang digelar Pemuda Muhammadiyah dengan tema Corona dan Benang Kusut Pilkada 2020 pada Sabtu (10/10) malam.

Hadir dalam acara itu, Ketum Pemuda Muhammadiyah Sunanto, Sekjen PAN Eddy Soeparno, Plh Ketua KPU Ilham Saputra, Komisioner Bawasli Afifuddin, dan Direktur Politik Bainteklam Polri Brigjen Anthony MT Siahaan.

Hasto menjelaskan, Indonesia diapit dua benua dan dua samudera serta memiliki sejarah bangsa yang sangat panjang. Selain itu, pandemi Covid-19 telah membawa arah bangsa ke dalam kondisi yang sulit, baik dari sosial, ekonomi, dan kesehatan. Karena itu, menurut Hasto, Pilkada harus ditempatkan sebagai sebuah konsolidasi untuk mengamankan seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

"Jangan sampai di tengah krisis kemudian tidak ada suatu kepemimpinan yang memiliki legitimasi, legalitas yang sangat kuat untuk mengambil suatu tindakan, tindakan yang diperlukan untuk menyelamatkan rakyat. Kita semua memahami enggak ada pemimpin yang mau mengorbankan rakyatnya," kata Hasto.

Hasto menilai sosok Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin berasal dari rakyat sehingga legitimasinya sangat kuat dalam mengambil kebijakan. Karena itu pula, kebijakan pemerintah saat ini dasarnya untuk melindungi dan memberikan kepastian.

"Marilah justru di tengah pandemi Covid ini, kita berikan kepercayaan kepada Presiden-Wakil Presiden, seluruh jajaran menteri, kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten, kota untuk menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya tanpa diganggu oleh berbagai hal yang bisa memecah belah persatuan kita," jelas Hasto.

DPP PDI Perjuangan sendiri secara kepartaian sudah menunjukkan melalui kebijakan-kebijakannya untuk patuh serta disiplin terhadap protokol kesehatan Covid-19. Hasto menyatakan, PDIP secara organisasi telah menunjukkan sikap yang jelas. Pada 4 Februari 2020 yang lalu, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu telah menyosialisasikan pencegahan Covid-19. Pada Maret selanjutnya, PDIP mengeluarkan instruksi kepada kadernya untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memandang pemilu sebagai konsolidasi demokrasi untuk menjalankan roda pemerintahan yang sah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close