Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hasto PDIP Ingin Jalan Kemakmuran Indonesia Melalui Laut

Rabu, 07 Oktober 2020 – 20:04 WIB
Hasto PDIP Ingin Jalan Kemakmuran Indonesia Melalui Laut - JPNN.COM
Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto. Foto: dok DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menginginkan Indonesia melakukan evaluasi secara menyeluruh terkait pembangunan maritim. Menurut Hasto, melalui laut, jalan kemakmuran rakyat Indonesia bisa diwujudkan.

Hal itu disampaikan Hasto saat melaksanakan rapat koordinasi nasional bidang (Rakorbidnas) kelautan, perikanan, dan nelayan dengan tema "Program Gotong Royong Membangun Kampung Nelayan Berkualitas di Indonesia-Pilot Project Nasional PDI Perjuangan".  secara daring, Rabu (7/10). Hadir juga Ketua DPP Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan Rokhmin Dahuri.

Hasto mengatakan, sesuai arahan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, partainya ingin memberikan bagaimana arah terhadap situasi perekonomian rakyat yang mau tidak mau terpengaruh pandemi Covid-19.

"Laut merupakan halaman depan kita. Bagaimana kita harus mengubah cara pandang kita sebagai cara pandang bangsa maritim yang harus melihat jalan kemakmuran kita itu melalui laut," kata Hasto. 

Sejarah membuktikan Indonesia adalah salah satu bangsa dengan peradaban tertua, yang dikenal dengan kekuatan maritimnya. Kerajan Sriwijaya di abad VII sudah membuktikannya. Bahkan di Candi Borobudur, ada relief kapal yang membuktikan di dalam jiwa bangsa Indonesia ada jiwa bahari.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, Indonesia memiliki panjang pantai 150 ribu km dengan potensi kelautan yang luar biasa. Dan harus dipahami, potensi itu takkan bisa dimanfaatkan apabila tanpa penguasaan teknologi. 

"Manakala kita menguasai ilmu pengetahuan, kita menguasai teknologi, kita jabarkan seluruh gagasan Bung Karno yang menjadikan kawasan Timur sebagai kawasan pusat maritim kita, maka industri maritim itu harus dikembangkan dari hulu ke hilir," urainya.

Karena itu, Hasto mendorong kader PDIP yang duduk sebagai kepala daerah maupun pimpinan dewan harus menjadi pelopor menjadikan laut sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan mengembangkan sumber kelautan, maka kebutuhan pangan demi kecukupan gizi anak Indonesia akan terjamin. Sehingga kerja-kerja BKKBN di bawah pimpinan Hasto Wardoyo untuk memastikan anak-anak Indonesia tidak terkena gizi buruk juga tercapai.

PDI Perjuangan menilai kesejahteraan masyarakat bisa dimulai dari laut. PDIP mendorong kepala daerahnya untuk mewujudkan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close