Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

PDIP Tampaknya Serius, Partai Politik Perlu Waspada

Selasa, 11 Agustus 2020 – 11:31 WIB
PDIP Tampaknya Serius, Partai Politik Perlu Waspada - JPNN.COM
Ilustrasi PDIP. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan dinilai sebagai partai politik yang serius dalam memenangkan Pilkada Serentak 2020. Hal itu terlihat dari langkah PDI Perjuangan yang sudah mengumumkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sebanyak tiga tahap.

Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo mengatakan, cara PDIP yang mengumumkan calkadanya lewat telekonferensi merupakan manuver untuk menjaga semangat para kader dan jajarannya agar fokus terhadap Pilkada yang akan datang.

"PDIP sebagai partai besar sekaligus partai pemenang pemilu nasional dua kali berturut-turut tentu akan menjaga reputasinya. Di antaranya adalah keseriusan dalam memenangkan Pilkada Serentak," kata Karyono saat dihubungi, Selasa (11/8).

Karyono menilai PDIP tentunya menargetkan kemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Karena itu, kemenangan Pilkada Serentak 2020 sebagai pintu masuk yang saling berkorelasi dengan kontestasi politik nasional.

"Infrastruktur dan instrumen politik yang dimiliki PDIP saat ini bisa menjadi modal untuk bertarung di Pilkada Serentak 2020," kata Karyono.

Dihubungi terpisah, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin meminta partai politik lainnya untuk mewaspadai langkah PDIP itu agar tidak ketinggalan. 

"PDIP sebagai partai pemenang Pemilu tentu tak ingin kecolongan dan kalah dalam Pilkada. Mereka akan mati-matian untuk menang di Pilkada Serentak 2020. Karena bagaimanapun menang di Pilkada itu merupakan investasi untuk Pemilu 2024. Sepertinya mereka sangat serius," kata Ujang.

loading...