Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pejabat Kemenag Ungkap Perkembangan Terkini Kasus Herry Wirawan

Selasa, 03 Januari 2023 – 23:20 WIB
Pejabat Kemenag Ungkap Perkembangan Terkini Kasus Herry Wirawan - JPNN.COM
Terdakwa pemerkosa 13 santriwati Herry Wirawan. Foto: ANTARA/HO-Kejati Jawa Barat

jpnn.com, JAKARTA - Putusan hukuman mati terhadap Herry Wirawan, pemerkosa 13 santri sudah berkekuatan hukum tetap. Ini setelah Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Herry Wirawan.

Direktur Pendidikan Diniyah Kemenag Waryono Abdul Ghafur menghargai putusan MA. Menurutnya, hakim tentu menjatuhkan vonisnya setelah mempertimbangkan banyak hal.

“Semoga penegakan hukum atas pelaku kejahatan kemanusiaan, termasuk tindak asusila di lembaga pendidikan, ini bisa memberikan efek jera,” terang Waryono di Jakarta, Selasa (3/1).

Hukuman untuk Herry Wirawan semoga menjadi pelajaran berharga sehingga kejadian yang sejenis tidak terulang, sambungnya.

Waryono menilai hukuman yang telah dijatuhkan sampai pada tingkat kasasi di MA sebagai sebuah ketegasan hakim dan keteguhan penegak hukum. Pasalnya, vonis hukumannya sampai hukuman mati. 

“Ini bentuk ketegasan hakim. Ini juga mengingatkan kepada setiap kita agar tidak berbuat seperti itu,” tegasnya. 

Waryono mengakui bahwa kasus Herry Wiryawan terjadi sebelum terbitnya Peraturan Menteri Agama No 73 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan pada Kementerian Agama. 

Saat ini, Kemenag sudah mempunyai regulasi yang mengatur upaya pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lembaga pendidikan.

Pejabat Kemenag mengungkapkan perkembangan kasus Herry Wirawan, pemerkosa 13 santri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close