Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelaku UMKM Fesyen Wanita Dukung Kebijakan E-commerce Batasi Impor

Jumat, 19 November 2021 – 17:47 WIB
Pelaku UMKM Fesyen Wanita Dukung Kebijakan E-commerce Batasi Impor - JPNN.COM
Pelaku UMKM Fesyen Wanita Dukung Kebijakan E-commerce Batasi Impor. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Shopee Indonesia menutup akses 13 kategori barang impor dari Tiongkok dan Korea Selatan. Kebijakan tersebut bertujuan menciptakan ekosistem jual-beli yang nyaman bagi pembeli dan penjual di e-commerce Shopee.

Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan penutupan toko yang menjual produk tekstil dari luar negeri memang dilakukan Shopee Indonesia.

Namun, penutupan tersebut bukan karena kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

"Kebijakan ini merupakan kebijakan Shopee, untuk menciptakan ekosistem dan pengalaman belanja yang lebih baik," kata Radityo melalui keterangan tertulis.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan menegaskan, pemerintah tak melarang pedagang asing untuk menjual barangnya ke Indonesia lewat marketplace. Produk impor juga masih diizinkan untuk dijual.

Kendati demikian, pemerintah memang meminta penyelenggara e-commerce mengutamakan produk lokal dalam dalam Setiap sesi Hari Belanja Online Nasional. Jika konsisten, industri tekstil diprediksi dapat pulih pada akhir kuartal kedua 2021.

"Dalam rangka Harbolnas 'Bangga Buatan Indonesia' ada dukungan dari marketplace untuk mengutamakan produk lokal khususnya UMKM karya anak bangsa," jelasnya.

Menanggapi kebijakan yang diambil salah satu e-commerce terbesar itu, Daniel Wijaya founder Leenbenka mengatakan, kebijakan tersebut adalah langkah yang tepat untuk membangkitkan potensi ekonomi produk buatan Indonesia.

Shopee Indonesia menutup akses 13 kategori barang impor dari Tiongkok dan Korea Selatan. Kebijakan tersebut bertujuan menciptakan ekosistem jual-beli yang nyaman bagi pembeli dan penjual

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close