Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelaku Usaha Online Keluhkan Kenaikan Tarif Jasa Pengiriman

Senin, 14 Januari 2019 – 03:45 WIB
Pelaku Usaha Online Keluhkan Kenaikan Tarif Jasa Pengiriman - JPNN.COM
Salah satu lapak pelaku usaha online di sebuah marketplace. Foto Ilustrasi: ray/jpnn

jpnn.com, BATAM - Para pelaku usaha online di Batam, Kepri, mulai merasakan dampak dari penghapusan bagasi gratis bagi penumpang oleh maskapai penerbangan serta naiknya biaya kargo.

Yani, salah satu pelaku usaha online mengatakan kenaikan untuk pengiriman barang dari Batam ke luar sebenarnya sudah terjadi sejak Desember lalu, berbeda dengan daerah lain yang baru berlaku bulan ini.

"Kalau mengeluh sudah pastilah. Karena kami punya buyer kan bertanya-tanya juga, kok naik? Padahal permintaan lumayan banyak," kata dia yang dijumpai usai mengirim barang di Tibancenter, Sabtu (12/1).

Menurutnya, untuk jasa pengiriman seperti JNE kenaikannya cukup drastis lebih dari 10 ribu lebih per paketnya. Banyak sekarang sesama pelaku jualan beralih ke jasa Lion Parcel karena lebih murah.

"Kalau yang ini kebanyakan permintaan dari pembeli. Karena sewaktu pemesanan mereka tanya dulu ongkir beberapa jasa pengiriman," sebutnya.

Mengenai permintaan belanja akhir- akhir ini memang cukup mengalami perubahan. Karena tidak sedikit dari mereka yang tidak jadi berbelanja karena mahalnya ongkos kirim.

"Kami tidak tahu kenapa kok mahal begini. Padahal untuk Batam sendiri berjualan online salah satu pekerjaan mendapatkan penghasilan yang mudah. Barang di sini banyak, dan Batam memang terkenal dengan produk seperti tas, sepatu yang memang sering dibeli dari daerah lain," ujarnya.

Solusinya agar produk tetap jalan, pelaku usaha online berusa mencarikan jasa pengiriman yang paling murah. "Ya cuma itu solusinya. Kami akan cari cost paling murah agar barang tetap terjual dan menjaga pelanggan," imbuh ibu tiga anak ini.

Para pelaku usaha online di Batam, mulai merasakan dampak dari penghapusan bagasi gratis bagi penumpang oleh maskapai penerbangan dan naiknya biaya kargo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close