Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelamar CPNS Jangan Tergoda Bujuk Rayu Calo

Minggu, 29 September 2019 – 13:57 WIB
Pelamar CPNS Jangan Tergoda Bujuk Rayu Calo - JPNN.COM
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Pertanian berhasil menyabet atribut terbaik Presidential Lecture yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Foto Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah kembali mengingatkan pelamar CPNS 2019 untuk tidak tergoda dengan para calo yang selalu muncul saat rekrutmen dimulai. Apalagi ada rentang waktu cukup panjang antara pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi dengan tes CPNS.

Pengumuman, pendaftaran, dan seleksi administrasi dilakukan mulai pekan ke-4 Oktober hingga akhir tahun ini. Sedangkan tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) dimulai pada 2020.

"Masyarakat jangan tergoda dengan oknum yang mengaku bisa dititip nomor pelamar untuk bisa lulus. Jangan percaya itu. Kalau ada yang menjanjikan laporkan saja bila ada kerugian," kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, Minggu (29/9).

Dia menegaskan, sistem seleksi sekarang sangat objektif dan transparan. Hanya pelamar CPNS itu sendiri yang bisa menolong dirinya sendiri.

"Sistem computer assisted test (CAT) membuat seleksi CPNS transparan. Semua hasil bisa langsung dilihat pelamar jadi enggak ada tipu-tipu," ujarnya.

Dia menyadari di daerah masih banyak masyarakat yang terpengaruh dengan percaloan. Itu sebabnya pemerintah tidak henti-hentinya menyerukan kepada masyarakat jangan percaya calo.

"Belajar yang tekun, jaga kesehatan, itu kunci suksesnya. Kalau belajar serius pasti bisa jawab soal-soalnya," tandasnya.

Rekrutmen CPNS 2019 akan dimulai akhir Oktober. Rencananya, tahapan pertama adalah pengumuman lewat sscn.bkn.go.id, website KemenPAN-RB serta masing-masing instansi.

Pemerintah kembali mengingatkan pelamar CPNS 2019 untuk tidak tergoda dengan para calo yang selalu muncul saat rekrutmen dimulai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close