Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelatihan P3PD, Dirjen Bina Pemdes Ungkap Cara agar Lilin-lilin dari Desa Bercahaya

Selasa, 17 Oktober 2023 – 13:22 WIB
Pelatihan P3PD, Dirjen Bina Pemdes Ungkap Cara agar Lilin-lilin dari Desa Bercahaya - JPNN.COM
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto membuka pelatihan aparatur desa P3PD di Banda Aceh, Selasa (17/10). Foto: Humas Ditjen Bina Pemdes

jpnn.com - BANDA ACEH - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Bina Pemdes Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mengatakan, desa merupakan fundamental untuk kemajuan sebuah bangsa.

Eko Prasetyanto mengatakan, jika fundamen tersebut kuat, maka negara akan kuat. Begitu juga sebaliknya, jika fundamen lemah maka negara akan lemah.

"Proklamator kita katakan pada kita semua. Bung Hatta mengatakan, Indonesia tidak akan bercahaya kalau hanya di Jakarta. Akan bercahaya kalau lilin-lilin dari desa bercahaya. Maka mari kita buat lilin-lilin di desa bercahaya," kata Eko saat membuka pelatihan aparatur desa Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Hotel Nanggroe, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Selasa (17/10).

Hadir di acara tersebut antara lain Sesditjen Bina Pemdes Paudah, Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa, M Lutfi, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Murtono, serta Asisten II Sekda Provinsi NAD Mawardi.

Dirjen Bina Pemdes Eko Prasetyanto menjelaskan, salah satu cara untuk menghidupkan lilin tersebut adalah dengan melakukan evaluasi tingkat perkembangan desa.

“Apakah swadaya, sudah swakarya, atau sudah swasembada?" kata Eko.

Selain itu, perlu juga dievaluasi apakah desa-desa tersebut sudah memiliki Pendapatan Asli Desa (PADes).

Sebab, kata Eko Prasetyanto, PADes merupakan bentuk dari sebuah kemandirian desa.

Membuka pelatihan aparatur desa Program P3PD, Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto mengungkap peran penting desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close