Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pelindo Gandeng Praktisi dan Akademisi untuk Perkuat UMKM di Nias

Rabu, 14 Juni 2023 – 06:45 WIB
Pelindo Gandeng Praktisi dan Akademisi untuk Perkuat UMKM di Nias - JPNN.COM
Kepala Divisi Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 1, Kasih Dwi Yanti mengatakan potensi sumber daya di Nias sangat banyak. Foto: Dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memperkuat pelaku UMKM di Nias, Sumatera Utara, melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan.

Upaya ini dilakukan mengingat besarnya potensi sumber daya di Nias yang bisa diolah dan dipasarkan secara luas.

Kepala Divisi Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 1, Kasih Dwi Yanti mengatakan potensi sumber daya di Nias sangat banyak, terutama di sektor pertanian, perikanan, pariwisata bahari, serta seni budaya.

“Untuk pengembangan UMKM di Nias, kami bekerjasama dengan pemerintah daerah, akademisi serta pelaku bisnis yang dijadikan sebagai mentor,” kata Kasih Rabu (14/6).

Pelindo pun mengajak sejumlah pemangku kepentingan di Sumatera Utara berkomitmen untuk mendukung dan memfasilitasi UMKM untuk bisa naik kelas dan memperluas pasar ke tingkat nasional.

Menurut Kasih, beragam komoditas yang berpotensi untuk diolah menjadi barang jadi atau setengah adalah sabun, VCO, briket, dan produk lainnya.

“Pelatihan dan pendampingan ini diharapkan bisa meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM dalam mengolah komoditas menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual lebih tinggi,” ujarnya.

Rangkaian acara tersebut, salah satunya, diskusi bertajuk ‘Optimalisasi Potensi Sumber Daya Alam Nias Melalui Pemberdayaan UMKM’, dilaksanakan di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara pada Selasa (13/6).

Pelindo memperkuat pelaku UMKM di Nias, Sumatera Utara, melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close