Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peluang Erick Thohir Mendampingi Ganjar Belum Habis, Sandiaga juga Berkantong Tebal, tetapi

Senin, 01 Mei 2023 – 10:56 WIB
Peluang Erick Thohir Mendampingi Ganjar Belum Habis, Sandiaga juga Berkantong Tebal, tetapi - JPNN.COM
Capres dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kolumnis kondang Dahlan Iskan menilai peluang Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendampingi Capres PDIP Ganjar Pranowo belum habis.

Namun, dia juga menilai bahwa Menteri Parekraf Sandiaga Uno juga memiliki basis pendukung dan punya modal finansial.

Dalam tulisan berjudul Babak Penyisihan, Dahlan mengatakan capres di Pilpres 2024 memang memerlukan peran cawapres sebagai penambah suara.

"Itu berbeda dengan Pilpres 2019. Waktu itu posisi suara Pak Jokowi sudah sangat tinggi. Dia incumbent. Dipasangkan dengan siapa saja pasti menang. Pun bila hanya dipasangkan dengan sandal jepit," tulisan Dahlan, Disway edisi Senin (1/5).

Kondisi serupa juga terjadi di zaman Pilpres jabatan kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Tidak perlu mengharap tambahan suara dari cawapres.

Masa itu, cawapres lemah tidak masalah. Yang penting tidak negatif. Tidak menyumbang suara tidak apa-apa, asal jangan mengurangi suara.

Maka wapres pendamping SBY di periode kedua adalah tokoh yang sangat tidak disangka, Boediono. Begitu pula wapres periode kedua Jokowi juga amat tidak diduga, Ma'ruf Amin.

"Ganjar, Prabowo, Anies bukan incumbent. Boleh dikata ketiganya saling lirik: siapa berpasangan dengan siapa," tulisan Dahlan.

Dahlan Iskan menilai peluang Erick Thohir jadi cawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 belum habis, tetapi Sandiaga Uno juga berkantong tebal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close