Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peluang Golkar, PDIP dan Demokrat Tetap Sama

untuk Jadi Pemenang Pemilu Legislatif

Selasa, 07 April 2009 – 21:21 WIB
Peluang Golkar, PDIP dan Demokrat Tetap Sama - JPNN.COM
JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi Partai Demokrat, Golkar, dan PDIP yang masuk kategori partai papan dengan prediksi perolehan suara di atas 12 persen memiliki peluang yang sama untuk keluar sebagai pemenang pemilu legislatif. Kuncinya, ada pada empat variabel yang sangat menentukan.

Hasil survey LSI yang dilaksanakan 5 April lalu, menyebutkan variabel pertama adalah kemampuan mesin lokal partai memobilisasi caleg. Pasalnya, jumlah pemilih yang memilih caleg tanpa peduli apa partainya cukup signifikan. Angkanya mencapai 30 persen pemilih.

Yang kedua, kemampuan mesin politik untuk meminimalkan golput di basis masing-masing. Angka Golput oleh LSI diprediksi bisa mencapai kisaran 30 hingga 40 persen. Lebih tinggi dari golput pemilu 2004 yang hanya mencapai 25 persen. "Partai yang bisa meminimalkan Golput ini pasti bisa mendongkrak perolehan suaranya," ujar Direktur Eksekutif PT. LSI, Denny JA, di Cafe Resto Pisa Mahakam, Jakarta, Selasa (7/4).

Citra partai menjadi penentu variabel ke tiga yang pemenang pada pemilu legislatif ini. Denny menjabarkan, sekitar 50 persen pemilih menentukan peilihannya mengacu pada citra partai yang dipahaminya. Citra partai ini juga berkaitan dengan langkah masing-masing partai untuk mengantisipasi black campaign.

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi Partai Demokrat, Golkar, dan PDIP yang masuk kategori partai papan dengan prediksi perolehan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA