Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemain Asal Aceh ini Samai Evan Dimas

Senin, 27 Maret 2017 – 03:30 WIB
Pemain Asal Aceh ini Samai Evan Dimas - JPNN.COM
Aulia Hidayat. Foto: rakyataceh/jpg

jpnn.com, ACEH - 35 calon pemain tim nasional U-19 menjalani tes VO2Max di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (24/3) lalu.

VO2max adalah jumlah oksigen yang dikeluarkan seseorang ketika berolahraga.

Jumlah oksigen ini terkait dengan jumlah energi yang dapat dihasilkan tubuh dan sangat berhubungan dengan stamina seorang atlet. Bagi para pesepak bola profesional, setiap pemain selalu disarankan memiliki VO2Max di atas 55 ml/kg.

Setelah tes dilakukan, VO2Max pemain berada di atas rata-rata di angka 55 ml/kg ke atas. Bahkan, ada satu pemain Aceh yang mampu mencapai angka 64 ml/kg.

"Ada pemain dari Aceh yang memiliki kadar VO2Max paling tinggi," kata pelatih Indra Sjafri, dikutip Jawa Pos, Sabtu (25/3).

Hasil ini bahkan melewati kondisi fisik terbaik kapten timnas U-19 2013 lalu Evan Dimas yang mencapai 63 ml/kg. Saat itu Evan menempati ranking terbaik VO2Max skuat garuda muda. Sejauh ini, ada dua pemain dari Aceh yang tersisa di TC Timnas U-19. Mereka adalah gelandang T Noer Fadhil, dan Aulia Hidayat.

Pernyataan coach Indra terkait pemain Aceh yang mencapai VO2Max tertinggi ditanggapi pelatih PPLP Aceh, Yusmahdi Machmud. Dia membenarkan winger PPLP Aceh Aulia Hidayat memiliki VO2Max di atas rata-rata, bahkan sejak bermain untuk PPLP Aceh.

"Betul itu sudah diakui pelatih Indra kepada saya saat mendampingi Reza seleksi timnas di Jakarta awal Maret, pelatih Indra kaget melihat fisik Aulia setelah dites VO2Max di Pekanbaru," kata dia kepada Rakyat Aceh, Ahad (26/3).

35 calon pemain tim nasional U-19 menjalani tes VO2Max di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (24/3) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close