Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pembangunan Tol Semarang-Demak, Sebagian Tanggul Laut

Rabu, 16 Oktober 2019 – 00:08 WIB
Pembangunan Tol Semarang-Demak, Sebagian Tanggul Laut - JPNN.COM
Proyek pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang juga akan berfungsi sebagai tanggul laut, jangan sampai merusak ekosistem di lingkungan setempat.

"Kami menyambut baik pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang juga menjadi tanggul laut, ini harapan masyarakat agar segera terbebas dari rob. Namun ekosistem dan daya dukung lingkungan tetap harus jadi prioritas," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Hadi Santoso di Semarang, Selasa (15/10).

Hadi menjelaskan pada proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak sepanjang 27 kilometer, kurang lebih 10,63 km di antaranya merupakan tanggul laut yang membentang dari Kaligawe, Kota Semarang, sampai Morosari, Kabupaten Demak.

Anggota Fraksi PKS tersebut menjelaskan, daerah yang menjadi tanggul laut pada pembangunan jalan tol Semarang-Demak merupakan daerah hilir Sungai Babon dan Sungai Sringin, serta juga titik terparah abrasi selama ini sehingga perlu penanganan khusus.

"Limpahan air sungai, sedimentasi, perubahan arus air laut, dan tentunya ekosistem flora, fauna perlu benar-benar diperhatikan, jangan sampai niat baik, berujung kerusakan karena kurang matangnya perencanaan," ujarnya.

Dikatakan pria yang juga tercatat sebagai alumni Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro Semarang itu, berdasarkan Detail Engineering Design (DED) selain tanggul laut juga akan dilengkapi oleh dua kolam retensi seluas 240 hektare dan 45 hektare sebagai antisipasi.

"Di sana banyak tumbuh spesies mangrove yang khas, dan banyak biota laut dan sungai yang perlu dicarikan solusinya," katanya.

Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang direncanakan menghabiskan Rp12,24 triliun itu membutuhkan lahan seluas 5.352.216 meter persegi atau setara dengan 1.523 bidang tanah, yang saat ini sudah dibebaskan 446.426 meter persegi atau 8,34 persen.

Pembangunan jalan tol Semarang-Demak yang juga akan berfungsi sebagai tanggul laut, tidak merusak ekosistem di lingkungan setempat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Tanah Musnah

    Jumat, 23 Juni 2023 – 11:06 WIB
    Tanah Musnah - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Tol Demak

    Kamis, 22 Juni 2023 – 07:07 WIB
    Tol Demak - JPNN.com
  • Bisnis

    Ganjar Pastikan Tol Semarang-Demak Siap Digunakan Saat Libur Nataru

    Rabu, 07 Desember 2022 – 12:31 WIB
    Ganjar Pastikan Tol Semarang-Demak Siap Digunakan Saat Libur Nataru - JPNN.com
  • Investasi

    4 Hari Lagi Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka, Alhamdulillah

    Senin, 14 November 2022 – 09:55 WIB
    4 Hari Lagi Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka, Alhamdulillah - JPNN.com
X Close