Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemda Harus Perbanyak Bursa Kerja untuk Kurangi Pengangguran

Minggu, 05 November 2017 – 23:04 WIB
Pemda Harus Perbanyak Bursa Kerja untuk Kurangi Pengangguran - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menerima kunjungan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S. Uno guna membahas permasalahan ketenagakerjaan di Jakarta, Jumat (27/10). Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri meminta pemerintah daerah memperbanyak penyelenggaraan bursa kerja untuk mengurangi pengangguran di daerah.

Selain sebagai ajang pertemuan langsung pencari kerja dengan pemberi kerja tanpa diskriminasi, bursa kerja juga upaya mendukung program pemerintah menurunkan angka pengangguran.

"Bursa kerja merupakan upaya mendukung program pemerintah menurunkan angka pengangguran juga sekaligus mempromosikan berbagai kebijakan dan program penempatan tenaga kerja secara nasional," kata Menaker Hanif di Jakarta,

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2017, angka pengangguran mengalami penurunan menjadi 5,33% dari sebelumnya 5,50%. Angka ini turun 0,17% dibanding Februari 2016 di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang juga mengalami pertumbuhan.

Selama ini angka pengangguran di Indonesia disebabkan beberapa hal.

Antara lain, pertumbuhan angkatan kerja tinggi, pertumbuhan kesempatan kerja masih rendah, pendayagunaan tenaga kerja yang masih sangat rendah, tingkat pendidikan dan produktifitas tenaga kerja yang masih relatif rendah dan penyebaran penduduk yang tidak merata.

"Ketidakseimbangan yang diakibatkan adanya kesenjangan informasi antara perusahaan, pengguna tenaga kerja dengan pencari kerja sering terjadi perusahaan pengguna tenaga kerja sulit mencari tenaga kerja yang sesuai kualifikasi dan jabatan yang tersedia," kata dia.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya kegiatan semacam Job Fair, bisa terjadi percepatan pertemuan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja.

Bursa kerja juga upaya mendukung program pemerintah menurunkan angka pengangguran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close