Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Awasi 156 Pasien dan Periksa 9 Pasien terkait Dugaan Terjangkiti Virus Corona

Kamis, 05 Maret 2020 – 20:52 WIB
Pemerintah Awasi 156 Pasien dan Periksa 9 Pasien terkait Dugaan Terjangkiti Virus Corona - JPNN.COM
Ilustrasi RSPI Prof. DR. Sulianti Saroso, tempat dua warga Depok positif virus corona menjalani perawatan. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengungkapkan Kemenkes saat ini tengah mengawasi 156 pasien dan menunggu hasil pemeriksaan terhadap 9 pasien.

Untuk 156 pasien itu, kata Yurianto, pemerintah sudah mengantongi spesimen untuk didata secara medis.

"Artinya ada 156 pasien dalam pengawasan. Berasal dari 35 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi. Hasilnya, ini akumulasi, hasilnya dua prositif yang kita sebut sebagai kasus nomor satu dan kasus nomor dua. Oleh karena itu, jangan ditanyakan siapa nomor satu dan siapa nomor dua. Jangan ditanyakan rumah sakitnya di mana," kata Yuri di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (5/3).

Selain itu, kata Yuri, pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan terhadap sembilan pasien yang mengalami gejala flu.

Menurut dia, ada beberapa tahapan selain metode polymerase chain reaction (PCR) untuk menentukan penyebab sembilan pasien itu flu.

"Jadi tidak tidak hanya menggunakan satu metode PCR saja. Memang PCR adalah reaksi cepat. Kami bisa melakukan itu dan kurang dari 24 jam bisa diketahui hasilnya. Tetapi harus di-crosss check lagi dengan genome sequencing. Nah, genome sequencing membutuhkan waktu tiga hari untuk memastikan ini. Ada sembilan yang tadi masih saya katakan menunggu, yang lainnya negatif. Ini yang berasal dari rumah sakit," kata dia.

Selain itu, Yuri juga menerangkan pihaknya mengategorikan dua bagian yaitu Orang Dalam Pemantauan dan Pasien Dalam Pengawasan (ODP dan PDP) di kasus Corona ini.

ODP, menurut Yuri, adalah mereka yang pernah atau transit di negara-negara tersebarnya virus Corona, yaitu Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Italia, Iran dan sebagainya.

Pemerintah dalam hal ini Kemenkes sudah mengantongi spesimen 156 pasien untuk didata secara medis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close