Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Berupaya Keras Lawan Cyber Crime

Kominfo Luncurkan Gema Insan

Selasa, 26 Oktober 2010 – 00:11 WIB
Pemerintah Berupaya Keras Lawan Cyber Crime - JPNN.COM
Menteri P3A Linda Agum Gumelar, Duta Gema Insan Oki Setiana Dewi dan Igor Saykoji, serta Menkominfo Tifatul Sembiring. Foto: Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA - Pengguna internet kian diawasi. Kekhawatiran anak-anak dan remaja menjadi korban cybercrime (kejahatan dunia maya), Pemerintah membuat aturan yang melibatkan orang tua untuk mengawasi putra-putrinya. Senin (25/10), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendeklarasikan Gerakan Nasional Internet Sehat dan Aman (Gema Insan).

Kominfo bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggandeng dua bintang muda yang dijadikan duta Gema Insan, yaitu Oki Setiana Dewi, pemain film Ketika Cinta Bertasbih, dan Ignatius Rosoinaya Penyami alias Igor Saykoji, penyanyi rap yang terkenal dengan lagunya Online Bareng Saykoji dan lagu So What Gitu Lho.

Deklarasi itu melibatkan pula Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Nasional, Kowani, Tim Penggerak PKK, KPAI, Ketua PP Muslimat NU, Yayasan Kita dan Buah Hati, MUI, PGI, Walubi, DGI, Parisada Hindu Dharma, KNPI, Kwarnas Pramuka, Awari, APJII, PGRI, BEM, dan OSIS. Hadir pula seluruh perwakilan Dinas Infokom dari provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Deklarasi itu dilakukan dalam rangka rapat koordinasi nasional (rakornas) Kominfo 2010, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/10).

Duta Gema Insan, Oki Setiana Dewi mengatakan, dirinya sangat senang bisa menjadi duta Gema Insan, karena bisa ikut berkontribusi untuk bangsa. "Saya termasuk pengguna facebook. Sekarang pengguna jejaring sosial ini sangat marak. Selain ada dampak positif, namun ada dampak negatif berupa degradasi moral. Awalnya, hanya bermula dari chatting biasa, berlanjut pada penipuan dan pelecehan seksual. Ini yang harus menjadi perhatian kita semua," kata Oki.

 

JAKARTA - Pengguna internet kian diawasi. Kekhawatiran anak-anak dan remaja menjadi korban cybercrime (kejahatan dunia maya), Pemerintah membuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close