Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Diminta Antisipasi Krisis Pangan Dampak COVID-19

Sabtu, 02 Mei 2020 – 11:53 WIB
Pemerintah Diminta Antisipasi Krisis Pangan Dampak COVID-19 - JPNN.COM
Anggota Komisi II DPR Hugua. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -  

Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDI Perjuangan Ir Hugua mengingatkan pemerintah soal ancaman kekurangan pangan pada Agustus mendatang.

Berdasarkan data statistik hingga Juni 2020, stok pangan nasional, khususnya beras masih aman. Namun lanjut Hugua, setelah Juni negara akan menghadapi kekurangan pangan.

“Yah, sangat tergantung pada hasil panen sekarang dan kondisi iklim pada musim tanam berikutnya,” kata Hugua, dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/5).

Menurut Hugua, peringatan ini beralasan karena seluruh energi bangsa saat ini terkuras pada kegiatan melawan COVID-19.

“Walaupun pemerintah pusat telah mengeluarkan stimulus untuk membantu petani gurem, namun pasti belum sepenuhnya menyelesaikan ancaman kelangkaan pangan karena masalah utama yang dihaadapi akubat COVID-19 adalah terganggunya rantai distribusi logistik secara nasional,” ujarnya.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata (GIPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) ini mengatakan, ketatnya penerapan protokol kesehatan dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menjadi pemicu terganggunya rantai distribusi barang dan saja.

“Termasuk distribusi sarana dan prasarana produksi pertanian seperti pupuk, bibit, dan obat-obatan yang sangat menentukan keberhasilan panen petani,” tuturnya.

Anggota DPR RI Komisi II Ir Hugua mengingatkan pemerintah soal ancaman kekurangan pangan dampak COVID-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close