Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Diminta Surati Tim Weiner

Untuk Klarifikasi Tudingan Adam Malik Agen CIA

Rabu, 26 November 2008 – 21:32 WIB
Pemerintah Diminta Surati Tim Weiner - JPNN.COM
JAKARTA - Sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Warman Adam meminta pemerintah segera meminta konfirmasi ke Tim Weiner terkait tulisan dalam buku ‘Legacy of Ashes: The History of CIA'yang menyebut Adam Malik adalah agen CIA. Hal itu dimaksudkan untuk mencari bukti dan kebenaran tentang tudingan Adam Malik direkrut sebagai agen CIA.

"Pemerintah melalui Menteri Sosial perlu secepatnya mengirim surat kepada Tim Weiner sebagai penulis buku untuk mempertanyakan hal ini. Ini bukan soal bantah membantah atau ada buku lalu dibantah dengan buku, melainkan perlu ditanyakan apakah ada bukti bahwa Adam Malik itu benar-benar sebagai agen CIA,” ujar Asvi dalam diskusi di DPR RI, Rabu (26/11).

Menurut Asvi, konfirmasi Tim weiner adalah salah satu upaya untuk mencari kebenaran. Pasalnya, konfirmasi ke Clyde McAvoy sebagai sumber yang menyebut Adam Malik adalah agen CIA jelas tidak mungkin.  “Tidak mungkin lagi kita tanya ke Clyde McAvoy sebagai petinggi CIA yang disebut-sebut merekrut Adam Malik karena sudah meninggal,” cetusnya.

Sedangkan putra almarhum wakil Presiden Adam Malik, Otto Malik membantah jika ayahnya pernah menjadi agen CIA seperti ditulis Tim Weiner dalam buku ‘Legacy of Ashes: The History of CIA'. Otto menuding tulisan Tim Weiner merupakan tuduhan yang penuh fitnah dan kebohongan .

JAKARTA - Sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Warman Adam meminta pemerintah segera meminta konfirmasi ke Tim Weiner terkait

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA