Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Dorong Pembangunan Inklusif dan Berkelanjutan untuk Kembangkan Ekonomi Hijau

Selasa, 06 Juni 2023 – 20:36 WIB
Pemerintah Dorong Pembangunan Inklusif dan Berkelanjutan untuk Kembangkan Ekonomi Hijau - JPNN.COM
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso saat menyampaikan paparan dalam International Seminar Leveraging Performance Audit Impact Towards Green Economy, Selasa (6/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyampaikan pencapaian target pembangunan berkelanjutan terus menjadi prioritas utama pemerintah.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan iklim global melalui penerapan ekonomi hijau hingga saat ini.

Sesmenko Susiwijono menyampaikan itu dalam International Seminar Leveraging Performance Audit Impact Towards Green Economy, Selasa (6/6).

Dia menegaskan komitmen Indonesia dalam mendukung pembangunan berkelanjutan tersebut juga ditunjukkan dengan meningkatkan target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) pada National Determined Contributions (NDC) yang menggunakan kemampuan sendiri sebesar 29 persen menjadi 31,89 persen, dan dengan dukungan internasional sebesar 41 persen menjadi 43,20 persen.

“Mempromosikan ekonomi hijau sebagai sumber baru pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di masa depan merupakan suatu keharusan untuk kebaikan global," tegas Sesmenko Susiwijono.

"Selain itu, kitah juga harus berfokus untuk merangkul setiap peluang guna mencapai transisi yang adil dan terjangkau,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sesmenko Susiwijono menyampaikan komitmen pemerintah tersebut juga diwujudkan dalam berbagai upaya mulai dari memperkuat kolaborasi sektor swasta.

Kemudian mendorong pembiayaan inovatif dengan membentuk Sovereign Wealth Fund, melakukan penetapan Undang-Undang Cipta Kerja dengan tetap memperhatikan dimensi lingkungan, serta berkontribusi dalam Just Energy Transition Partnership dengan meluncurkan Rencana Investasi Komprehensif sebesar USD 20 miliar.

Sesmenko Susiwijono menyampaikan komitmen pemerintah mengembangkan ekonomi hijau dengan mendorong pembangunan yang inklusif dan berkepanjangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close