Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Dorong Pengembangan PSN Prioritas di Berbagai Wilayah Indonesia

Jumat, 28 Oktober 2022 – 21:39 WIB
Pemerintah Dorong Pengembangan PSN Prioritas di Berbagai Wilayah Indonesia - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Dok. Kemenko Perekonomian

jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah terus berupaya menyelesaikan 200 Proyek Strategis Nasional dan 12 Program Strategis Nasional dengan nilai investasi mencapai Rp 5.481,4 triliun yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

PSN merupakan proyek yang memiliki nilai investasi tinggi dan berdampak ekonomi luas, seperti sektor jalan, pelabuhan, kereta api, bandar udara, bendungan, energi, listrik dan telekomunikasi.

PSN tersebar di seluruh Indonesia yang mencakup 14 multisektor dan 12 program, yang tidak hanya terfokus pada pembangunan infrastruktur fisik, namun juga memastikan peningkatan pemerataan ekonomi, penyediaan pangan, pengembangan perbatasan, teknologi hingga pendidikan.

PSN juga membawa dampak positif di bidang ketenagakerjaan dengan menyerap sekitar 1,95 juta orang selama empat tahun (periode 2020-2024) yang sejalan dengan estimasi penyerapan investasi oleh PSN-PSN tersebut.

Bahkan diestimasikan potensi penyerapan tenaga kerja untuk pembangunan perekonomian berbasis pengembangan wilayah dapat mencapai 11 juta orang terhitung sejak 2016 lalu.

Pemerintah Dorong Pengembangan PSN Prioritas di Berbagai Wilayah Indonesia

Sejumlah narasumber yang hadir dalam acara verview bertema 'Transformasi Infrastruktur dalam Menyongsong Indonesia Maju 2045' secara virtual di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (27/10).

“Ke depannya, kita semua berperan dalam mewujudkan pemerataan kesejahteraan, meningkatkan pertumbuhan perekonomian, dan penyerapan tenaga kerja," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Overview bertema 'Transformasi Infrastruktur dalam Menyongsong Indonesia Maju 2045' secara virtual di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Kamis (27/10).

Menurut Airlangga Hartarto, jika hal tersebut selesai dikerjakan, Indonesia akan memiliki potensi berupa Produk Domestik Bruto (PDB) 2045 senilai USD 7 triliun dan akan menduduki peringkat lima besar perekonomian dunia.

Menko Airlangga menyampaikan pemerintah terus mendorong pengembangan PSN prioritas di berbagai wilayah Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close