Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Hadirkan Program Sertifikat Tanah Gratis, Syarief Hasan Berkomentar Begini

Rabu, 03 April 2024 – 15:21 WIB
Pemerintah Hadirkan Program Sertifikat Tanah Gratis, Syarief Hasan Berkomentar Begini - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan mengapresiasi langkah pemerintah yang menghadirkan program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat melalui PTSL. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan mengapresiasi langkah pemerintah yang menghadirkan program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat melalui pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

Hal itu karena program itu mempermudah masyarakat mendapatkan legalitas tanah secara gratis.

Program yang dikerjakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang dipimpin Menteri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah.

Menurut dia, pemerintah memiliki kewajiban untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

"Program sertifikat tanah gratis ini dapat menyelesaikan banyak polemik pertanahan yang disebabkan belum adanya kepastian hukum terhadap kepemilikan tanah masyarakat," ungkap Syarief Hasan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengapresiasi sertifikasi yang dilakukan berbasis digital.

"Proses sertifikasi secara digital dapat menekan kemunculan sertifikat ganda yang menimbulkan masalah di masyarakat. Tidak akan ada lagi sertifikat yang keluar dengan data fisik dan yuridis yang sama karena semuanya telah terdata satu pintu," katanya.

Dia menambahkan pentingnya sertifikasi secara digital.

Wakil Ketua MPR RI, Syarief Hasan mengapresiasi langkah pemerintah yang menghadirkan program sertifikat tanah gratis bagi masyarakat melalui PTSL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close