Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Harus Aktif Sosialisasi Produk Tembakau Alternatif

Kamis, 14 Juli 2022 – 21:33 WIB
Pemerintah Harus Aktif Sosialisasi Produk Tembakau Alternatif - JPNN.COM
Ilustrasi merokok. Foto: Hellosehat

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah diharapkan terlibat aktif dalam memperluas akses informasi akurat terkait konsep pengurangan bahaya tembakau.

Salah satunya melalui sosialisasi penggunaan produk tembakau alternatif yang berbasis kajian ilmiah.

Saat ini, pemahaman masyarakat terhadap peralihan ke produk tembakau alternatif masih relatif minim karena akses informasi yang sangat terbatas.

Ketua Masyarakat Sadar Risiko Indonesia (MASINDO) Dimas Syailendra Ranadireksa menyebutkan berbagai hasil kajian ilmiah yang dilakukan baik di dalam maupun luar negeri, membuktikan produk tembakau alternatif sudah menerapkan konsep pengurangan risiko.

Contohnya produk tembakau yang dipanaskan, rokok elektrik, maupun kantong nikotin

Produk-produk tersebut mampu meminimalisasi risiko hingga 90 persen-95 persen dibandingkan dengan rokok.

“Sangat disayangkan informasi mengenai produk tembakau alternatif yang telah teruji menerapkan konsep pengurangan risiko melalui kajian ilmiah ini belum tersebar secara luas bagi publik. Perlu adanya partisipasi dari pemerintah dalam mendistribusikan informasi akurat ini agar masyarakat, terutama perokok dewasa, mengetahui adanya produk yang lebih rendah risiko untuk membantu mereka beralih dari kebiasaannya,” ujar Dimas  dalam keterangannya pada Kamis (14/7).

Menurut Dimas, keterlibatan pemerintah dalam mendorong informasi hingga pemanfaatan produk tembakau alternatif sebagai solusi sangat mendesak.

Pemahaman masyarakat terhadap peralihan ke produk tembakau alternatif masih relatif minim karena akses informasi yang sangat terbatas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close