Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Menyiapkan Skema Kepulangan 34 Ribu Pekerja Migran Indonesia

Senin, 11 Mei 2020 – 15:57 WIB
Pemerintah Menyiapkan Skema Kepulangan 34 Ribu Pekerja Migran Indonesia - JPNN.COM
Para pekerja migran Indonesia dari Yordania. Foto : Humas Kemnakertrans

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta jajarannya menyiapkan skema kepulangan sekitar 34 ribu pekerja migran Indonesia sekitar Mei-Juni 2020 mendatang.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Jokowi tersebut saat memimpin rapat terbatas mengenai percepatan penanganan pandemi Covid-19.

"Kepulangan pekerja migran Indonesia agar betul-betul berjalan dengan baik di lapangan. Saya menerima laporan bahwa pada Mei dan Juni ada kurang lebih 34 ribu pekerja migran Indonesia yang kontraknya akan berakhir," ujarnya melalui telekonferensi dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (11/5).

Para pekerja tersebut terbesar berasal dari daerah Jawa Timur sebanyak kurang lebih 8.900 pekerja.

Kemudian disusul Jawa Tengah sejumlah 7.400 pekerja, Jawa Barat dengan 5.800 pekerja, dan Nusa Tenggara Barat dengan 4.200 pekerja.

Sementara itu dari Sumatera Utara dengan 2.800 pekerja, Lampung dengan 1.800 pekerja, hingga Bali dengan jumlah 500 pekerja.

"Ini agar betul-betul diantisipasi, disiapkan, dan ditangani proses kedatangan mereka di pintu-pintu masuk yang telah kita tetapkan dan ikuti pergerakan sampai ke daerah," imbuh dia.

Pemerintah menyiapkan pintu masuk bagi para pekerja migran tersebut melalui sejumlah jalur, yakni melalui jalur udara di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, jalur laut melalui Pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok, serta melalui Batam dan Tanjung Balai bagi pekerja migran dari Malaysia.

Presiden Jokowi meminta pemerintah daerah menyiapkan protokol ketat saat menerima semua pekerja migran Indonesia yang kembali ke daerah asal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close