Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Siapkan PP Soal Karantina Wilayah

Jumat, 27 Maret 2020 – 22:14 WIB
Pemerintah Siapkan PP Soal Karantina Wilayah - JPNN.COM
Menkopolhukam Mahfud MD. Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pihaknya tengah merancang Peraturan Pemerintah (PP) tentang Karantina Kewilayahan. Menurut dia, PP itu perlu dibuat sebagai turunan dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

"Kami sekarang sedang menyiapkan rancangan peraturan pemerintah untuk melaksanakan apa yang disebut karantina perwilayahan," kata Mahfud dalam keterangan resminya, Jumat (27/3).

Mahfud menjelaskan, PP tersebut nantinya akan mengatur teknis sebuah daerah bisa dikarantina di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Misalnya, terkait syarat dan waktu yang tepat sebuah daerah bisa dilakukan karantina.

"Di situ akan diatur kapan sebuah daerah boleh melakukan pembatasan gerak yang disebut karantina wilayah. Apa syaratnya. Kemudian apa yang dilarang dilakukan dan bagaimana prosedurnya. Itu sekarang sedang disiapkan," lanjut dia.

Mahfud tidak bisa menjamin waktu pasti selesainya PP tentang karantina wilayah keluar. Dalam perkiraannya, PP akan keluar pada pekan depan.

"Kalau ditanya waktunya kapan, ya mungkin minggu depan nanti sudah ada kepastian," ucap dia.

Lebih lanjut, Mahfud menyadari sejumlah daerah sudah melakukan karantina wilayah demi mencegah penularan corona. Satu di antara daerah itu yakni Tegal.

Menurut Mahfud, pemerintah akan menyikapi daerah-daerah yang sudah terlanjur untuk mengambil kebijakan karantina di wilayahnya.

Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pihaknya tengah merancang Peraturan Pemerintah (PP) tentang Karantina Kewilayahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close