Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Tegas Selidiki Kasus Peretasan WhatsApp

Selasa, 05 November 2019 – 22:20 WIB
Pemerintah Tegas Selidiki Kasus Peretasan WhatsApp - JPNN.COM
WhatsApp. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Munculnya kasus peretasan WhatsApp yang menggunakan nomor asal Indonesia, mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk membongkar akar masalahnya.

"Hal-hal yang geostrategis tentu kita harus berbicara dengan lembaga yang berkompeten, yaitu BSSN," kata Menkominfo Johnny G Plate usai rapat dengan Komisi I DPR RI, Selasa.

Kemkominfo sedang memeriksa kasus peretasan dan terus berkomunikasi dengan BSSN, untuk bertukar informasi soal peretasan yang melibatkan WhatsApp dan perusahaan Israel ini.

"Langkah selanjutnya, yang berkaitan dengan geostrategis, BSSN yang memiliki tugas," kata Johnny.

Kasus peretasan WhatsApp oleh NSO Group, perusahaan dari Israel, yang melibatkan nomor seluler dari Indonesia ini juga sempat disinggung dalam rapat kerja Kemkominfo dengan Komisi I DPR RI.

WhatsApp menuntut perusahaan teknologi asal Israel, NSO Group, karena membuat perangkat lunak spyware yang disisipkan ke server WhatsApp untuk meretas sejumlah pengguna mereka.

Perangkat lunak tersebut diduga berdampak pada 1.400 pengguna antara lain di AS, Uni Emirat Arab, Bahrain, Meksiko, India dan Pakistan, dikutip dari Reuters.

Pejabat senior pemerintahan di beberapa negara, terutama negara yang bersekutu dengan Amerika Serikat diduga menjadi korban peretasan.

Kemkominfo menggandeng BSSN untuk membongkar masalah peretasan di WhatsApp, yang diduga dilakukan oleh perusahaan teknologi Israel..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close