Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pemerintah Usul BPIH Rp34 Juta

Anggito Berjanji Hapus Praktek Haji Titipan

Selasa, 10 Juli 2012 – 09:50 WIB
Pemerintah Usul BPIH Rp34 Juta - JPNN.COM
JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR Senin (9/7) menggelar rapat panitia kerja (panja) pamungkas sebelum menetapkan besaran Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH). Pihak pemerintah mengusulkan kenaikan BPIH tahun ini sekitar 10 persen, atau naik menjadi sekitar Rp34 juta per jamaah.

Rapat panja ini diantaranya dihadiri oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umroh (Dirjen PHU) Kemenag Anggito Abimanyu. Pria yang baru saja diangkat menjadi dirjen menggantikan Slamet Riyanto itu mengatakan jika tahun lalu rata-rata BPIH yang dibebankan kepada masyarakatan adalah Rp30,7 juta per jamaah. Sementara usulan besaran BPIH 2012 terakhir pemerintah kepada DPR adalah Rp34 juta.

Pihak Kemenag terus beralasan jika kenaikan BPIH ini terkait dengan kenaikan harga avtur yang mengakibatkan melonjaknya ongkos penerbangan. Pihak Kemenag sendiri agak kecewa dengan perjalanan BPIH tahun ini yang cenderung lebih membutuhkan waktu lama, sekitar satu bulan dibandingkan tahun lalu.

Setelah kemarin panja menggelar rapat pamungkas pembahasan BPIH, rencananya siang hari ini DPR dan Komisi VIII menetapkan besaran BPIH. Dalam rapat penetapan ini biasanya dihadiri oleh Menag Suryadharma Ali. Setelah disahkan di DPR, besaran BPIH ini selanjutkan akan dibawa ke Presiden SBY untuk ditetapkan dalam bentuk Keppres (Keputusan Presiden).

 

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) dan Komisi VIII DPR Senin (9/7) menggelar rapat panitia kerja (panja) pamungkas sebelum menetapkan besaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA